Sukses

Lifestyle

5 Makanan Karbohidrat yang Harus Dihindari untuk Diet Keto

Fimela.com, Jakarta Program diet pada umumnya hanya membatasi makanan yang membuat Anda merasa kenyang dan merekomendasikan makanan alternatif yang membuat ketergantungan. Jika Anda mau mencoba sebuah alternatif pola hidup yang menjaga tubuh dan tentunya emosi terkendali, gaya ketogenic mungkin jawabannya.

Seperti yang dikutip dari Foodketo, Diet ketogenic, atau juga disebut “keto”, sebenarnya pola makan lama, tapi kini menjadi sangat populer. “Diet ketogenic awalnya terlihat seperti hanya menghindari gula, tapi kenyataannya pola sesungguhnya adalah konsumsi lemak tinggi dan menghindari berbagai jenis karbohidrat yang memicu glukosa tinggi di dalam darah. Sehingga harapannya kalori harian didapat 70-75% dari lemak, 20% dari protein, dan 5% dari karbohidrat.

Pola makan rendah karbo lainnya sepeti paleo, atskin, maupun banyak lagi lainnya sudah bisa Anda rasakan manfaatnya. Dengan membatasi ketat asupan karbohidrat olahan yang akan menurunkan risiko diabetes tipe 2 hingga serta menurunkan risiko penyakit jantung.

Gaya hidup ketogenic semaksimal mungkin menggunakan “real food” dengan rasio lemak tinggi, protein menengah, dan minim karbo. Ini akan membuat Anda cenderung merasa kenyang lebih lama, padat kalori, sehingga nutrisi yang Anda butuhkan lebih sedikit dari kebutuhan harian. Makan 1-2x sudah cukup.

Meski mengandung kalori tinggi, makanan ini harus kamu konsumsi saat diet. (Foto: Daniel Kampua, Digital Imaging: Nurman Abdul Hakim/Bintang.com)

Anda bisa memilih sarapan atau tidak. Program intermittent fasting, fastosis, OCD bisa membantu Anda masuk ke kondisi ketosis lebih cepat. Jika berat badan normal atau underweight bisa sarapan sederhana 1-2 telur dengan sedikit daging sapi. Makanan yang bisa dikonsumsi yaitu, daging sapi, kambing, ayam, bebek, ikan, telur, keju dan lemak alami (minyak kelapa, VCO, cacao fat, zaitun).

Sayuran bukanlah makanan utama, tapi bisa konsumsi sedikit serat dari sayur hijau, jamur, timun. Untuk buah, bisa konsumsi terbatas dari alpukat dan kelapa. Minuman, kopi, teh, air putih. Camilan pun Anda bisa menikmati beberapa jenis kacang dan agar-agar. Untuk mulai menjalankan diet keto, ada lima jenis makanan karbohidrat yang perlu Anda hindari. Apa sajakah? 

1. Nasi

 

A post shared by Princehardy (@hardyfoodie) on

Nasi yang menjadi bahan pokok makanan sehari-hari nyatanya banyak mengandung kadar gula. Jadi, untuk Anda yang ingin mulai diet keto, bilang selamat tinggal pada nasi, ya...

2. Roti

 

A post shared by emily (@emilyyy_0201) on

Roti juga sangat tidak dianjurkan untuk dijadikan menu sarapan lagi saat Anda memulai diet keto.

3. Mie

 

A post shared by Yennywu84 [吳燕 呢] (@yennywu84) on

Mie yang terbuat dari tepung juga harus Anda relakan agar tidak memakannya lagi, ya.

4. Kentang

 

A post shared by Kerstin O. (@kerstin.happy.mind) on

Meski bersifat sayuran, nyatanya kentang juga termasuk salah satu makanan karbohidrat.

5. Jagung

 

A post shared by amboja.farm (@amboja.farm) on

Sama seperti kentang, jagung pun ternyata harus dihindari saat Anda menjalani diet keto.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading