Sukses

Lifestyle

Bintang Tasty: Es Gempol

Fimela.com, Jakarta Es kelapa, es jeruk, es doger, es campur, serta es buah adalah beberapa minuman yang boleh dikatakan sangat mudah ditemukan di Ibu Kota Jakarta dan kota-kota besar lainnya di Indonesia. Ya, di saat cuaca panas, rasanya beberapa es tersebut akan langsung melegakan tenggorokan yang mulai kering.

Dinginnya es batu bercampur dengan gula atau buah atau bahan-bahan lainnya, ahhhh, nikmat banget pokoknya. Tapi, kalau kamu bosan dengan es yang itu-itu saja, dan ingin mencicipi es yang beda yang memang jarang kamu lihat, maka Bintang Tasty kali ini akan membagikan resep membuat Es Gempol nih.

Ada yang sudah pernah coba makan es yang satu ini? Ya, kamu yang berasal dari Jawa Tengah, khususnya Jepara pasti sudah nggak asing lagi dengan es yang satu ini. Di daerah asalnya biasanya dalam satu mangkok es gempol juga akan diberi tambahan sirup manis, dan kuah santan. Nah, kali ini Bintang Tasty akan membuat Es Gempol Spesial yang mungkin belum pernah kamu coba.  

Kalau cuacanya sedang panas, maka Es Gempol Pleret khas Jepara merupakan pilihan yang sangat tepat. (Foto: Bintang.com/Daniel Kampua, Digital Imaging: Bintang.com/Nurman Abdul Hakim)

Penasaran dengan rasa Es Gempol spesial ini? Yuk, simak resep dan cara membuatnya di bawah ini…

Bahan-bahan:

150 gram gempol yang sudah jadi

50 gram lychee (kaleng)

50 gram nangka (kaleng/fresh)

Es Gempol Pleret khas Jepara ini dibuat dengan bahan utamanya adalah tepung beras. (Foto: Bintang.com/Daniel Kampua, Digital Imaging: Bintang.com/Nurman Abdul Hakim)

Bahan Kuah Santan:

100 ml santan kemasan

200 gram gula merah, sisir halus

2 lembar daun pandan

100 gram air

150 gram es batu

 

 

Cara Membuat Es Gempol Spesial

1. Masukan semua bahan utama ke dalam wadah yang akan disajikan.

2. Lalu masukan santan, rebus bahan kuah santan sambil diaduk sampai mendidih, saring, dinginkan.

3. Rebus air lalu masukan gula merah dan tambahkan daun pandan.

Bintang Tasty: Es Gempol Pleret Khas Jepara. (Foto: Bintang.com/Daniel Kampua, Digital Imaging: Bintang.com/Nurman Abdul Hakim)

4. Sajikan gempol bersama kuah santan, saus gula merah dan es batu. 

Es gempol yang satu ini memang berbeda dengan es gempol khas Jepara, karena sudah di mix dengan beberapa bahan sehingga rasanya pun akan lebih menyegarkan. Simak video Bintang Tasty di bawah ini untuk melihat cara membuatnya ya!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading