Sukses

Lifestyle

5 Penyakit yang Muncul Kalau Kamu Nggak Makan Sayuran Tiap Hari

Fimela.com, Jakarta Sayur dan buah-buahan merupakan makanan wajib buat siapa pun, termasuk para cewek yang ingin tetap bugar dan tampil cantik. Soalnya, buah dan sayur kaya akan nutrisi buat rambut, kulit, dan juga organ dalam tubuh. Bahkan, sayur-sayuran juga bisa membantu bikin dietmu sukses, lho. 

Soalnya, sayur-sayuran memiliki banyak kandungan serat yang bisa meluruhkan lemak dalam tubuh. Makanya, banyak cewek yang melakukan diet jus sayuran. 

Selain itu, sayur-sayuran juga bisa membuat perutmu menjadi lebih rata. Soalnya, selain meluruhkan lemak, tapi serat yang ada pada sayuran juga membantu sistem pencernaan yang bekerja dengan optimal. 

Nah, kamu bisa kebayangkan, nggak, betapa sayuran itu penting buat tubuh? Kalau kamu nggak makan sayuran setiap hari, ada efek buruk yang akan timbul lho! Bahkan bisa timbul penyakit parah yang membahayakan. 

Masalah Pencernaan

Masalah pencernaan tentu saja bisa muncul kalau kamu nggak makan sayur sama sekali. Soalnya, pencernaan itu membutuhkan serat untuk membantu agar buang air besar menjadi lancar. Tanpa banyak asupan serat, feses akan sulit dikeluarkan. Kalau sudah begini, akan timbul yang namanya sembelit. 

Wasir

Wasir, juga bisa disebabkan karena kurangnya serat. BAB yang sulit akan membuat kamu cenderung mengedan dan memaksa feses untuk keluar. Hal ini akan mendorong timbulnya benjolan yang keluar dari dalam dinding usus besar, ke lubang dubur. Wasir ini bisa sangat berbahaya kalau nggak diobati, lho. 

Penyakit Kardiovaskular

Dilansir dari HealthyEating, saat kamu melakukan diet, jumlah potasium dan juga sodium harus seimbang. Banyak orang yang terlalu banyak mengonsumsi sodium dan kurang potasium saat melakukan diet. Nah, dengan mengonsumsi banyak sayur, potasium dan juga sodium bisa menjadi seimbang. Kalau nggak, risikonya akan menimbulkan tekanan darah tinggi dan bahkan stroke. 

Kolesterol

Sayur-sayuran mengandung lebih sedikit kalori dibandingkan dengan makanan lainnya. Selain itu, sayuran juga kaya dengan kandungan airnya yang membantumu merasa lebi kenyang. Ini membantumu untuk nggak makan sembarangan, apa lagi makanan berlemak. Kurang makan sayur bisa juga membuatmu lebih banyak makan makanan berlemak. Kalau dibiarkan, bisa-bisa timbul kolesterol. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading