Sukses

Lifestyle

Kenapa Saat Merokok Kamu Jadi Ingin BAB?

Fimela.com, Jakarta Meskipun sudah banyak orang yang tahu soal bahaya rokok, tapi perokok aktif tetap saja masih banyak. Biarpun sudah banyak perokok aktif pindah menggunakan vape, tapi rokok masih saja banyak peminatnya. 

Mulai dari mereka yang lanjut usia, hingga anak-anak muda. Cewek pun juga banyak yang menjadi perokok aktif. Masalah bahaya rokok buat kesehatan dan lingkungan sudah banyak yang membahas. 

Tapi, mungkin kamu baru dengar kalau rokok bagi sebagian orang merupakan 'obat' agar buang air besar selalu lancar. Ya, banyak banget dari mereka yang mengaku paling suka merokok pada saat buang air besar (BAB).

Menurut mereka, merokok pada saat BAB membuat prosesnya menjadi lebih lancar. Soalnya, feses menjadi lebih mudah keluar dan juga karena ada reaksi pada abdominal yang membuat pup menjadi lebih mudah, tanpa harus mengeluarkan banyak tenaga. Ternyata, menurut sebuah studi, rokok memang memiliki zat yang membuat pup menjadi lebih lancar. 

 

 

Rokok Memperlancar BAB?

Dilansir dari the De Brief, rokok mengandung tembakau. Sementara tembakau mengandung nikotin. Nah, nikotin ini merupakan sebuah stimulan yang meningkatkan aktivitas dari metabolisme. 

Nikotin ternyata sudah lama dikenal sebagai 'alat' untuk membuat pasien lebih tenang, relaks, dan bahkan fokus. Bukan cuma pada otak, tapi juga pada otot-otot dalam tubuh. 

Termasuk otot dan juga organ-organ dalam tubuh. Salah satunya usus. Ketika nikotin masuk ke dalam tubuh, usus menjadi lebih tenang dan terstimulasi untuk bereaksi dan kontraksi akan menjadi lebih cepat. 

Ilsutrasi BAB | Sumber Foto: Health/Health Info

Hal ini membuat makanan lebih cepat masuk ke dalam usus dan akhirnya dicerna. Bukan cuma usus kecil, tapi nikotin juga membuat usus besar dan juga dinding usus bekerja dengan lebih keras. Termasuk mendorong sisa makanan ke arah anus, dan membuatmu merasa ingin BAB. 

Tapi, menjadikan rokok sebagai alat agar BAB lancar sepertinya terlalu berlebihan. Soalnya, rokok memiliki racun yang lebih banyak dibandingkan dengan manfaatnya. Jadi, kalau ingin BAB lancar lebih baik kamu makan banyak sayuran dan buah yang kaya akan serat. 

Loading