Sukses

Lifestyle

Rebo Wekasan, Apa Sih Itu?

Fimela.com, Jakarta Rebo Wekasan tengah menjadi salah satu hal yang banyak dicari orang saat ini di internet. Kamu tahu nggak sih apa itu Rebo Wekasan dan apa saja yang terjadi di hari yang disebut sial itu?

Ternyata Rebo Wekasan atau Rabu sial adalah sebuah keyakinan warisan ajaran agama terdahulu, di mana hari Rabu terakhir di bulan Shafar disebut akan terjadi sejumlah bencana. "Rabu wekasan atau yang dalam bahasa Jawa dikenal sebagai rebo wekasan adalah tradisi yang dilaksanakan pada hari Rabu terakhir bulan Safar," kata Ustadz Ma'ruf Khozin yang dilansir dari laman NU Online.

 

Dalam pelaksanaan tradisi Rabu Wekasan ini ada sejumlah ritual yang dilakukan untuk memohon perlindungan dari berbagai bencana dan malapetaka. Tradisi ini pun sudah dilakukan turun-temurun dikalangan masyarakat khususnya Jawa,  Sunda dan Madura.

Lebih lanjut Ustadz Ma'ruf mengatakan bahwa ada hadits yang digunakan sebagai dasar pelaksanaan tradisi tersebut, namun hadits yang dimaksud adalah dhaif alias tidak sah atau tidak benar.

Meski begitu, tradisi Rebo Wekasan masih banyak dilakukan masyarakat. Perayaannya pun beragam, seperti melakukan kirab, pengajian akbar hingga menggelar pameran.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading