Sukses

Lifestyle

Nggak BAB Lebih dari 2 Hari, Begini Caranya Supaya Nggak Sembelit

Fimela.com, Jakarta Memiliki masalah konstipasi atau susah buang air besar (BAB) memang sangat menyiksa. Kalau dipaksakan untuk poop, pasti akan terasa sangat sakit. Tapi kalau nggak BAB, perutmu bakal sakit dan jugabsia saja timbul masalah kesehatan lain. 

Susah BAB itu sebenarnya pasti pernah dirasakan hampir setiap orang. Banyak, lho, kasus menyeramkan gara-gara susah BAB. Salah seorang asal Amerika Serikat harus menjalani operasi pengeluaran kotoran lantaran nggak bisa BAB. 

Kasus lainnya yang banyak terjadi, dokter harus memasukkan pil ke dalam dubur untuk membantu kontraksi otot saluran pembuangan hingga feses bisa dikeluarkan. 

Bahkan, ada juga pasien yang harus menjalani tindakan penyedotan feses menggunnakan selang yang dimasukkan ke dalam dubur. Ini sangat nggak nyaman. Makanya, sebelum semua terlambat, kamu harus melakukan sesuatu supaya feses melunak dan kamu nggak lagi susah BAB

Mium Air yang Banyak

Saat susah BAB dan kamu putus asa, obat pencahar mungkin akan muncul dalam benakmu. Tapi tunggu dulu. Obat itu nggak menyembuhkan dan kalau dikonsumsi terlalu sering bisa timbul efek samping yang jadi masalah baru. Lebih baik kamu tenang dulu dan banyak-banyak minum air mineral. 

Makanan Berserat

Coba juga untuk mengonsumsi banyak buah dan sayuran yang kaya akan serat. Salah satu buah yang ampuh atasi sembelit adalah pepaya. 

Toilet Jongkok

Kamu mungkin lebih nyaman BAB menggunakan toilet duduk. Tapi, dilansir dari Women's Healh Magazine, toilet duduk ini justru bikin saluran keluarnya feses terblokir karena posisinya nggak lurus. Untuk itu, kamu mungkin lebih baik menggunakan toilet jongkok yang bikin saluran lurus tak tersumbat. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading