Sukses

Lifestyle

Kenapa Banyak Orang Kena Penyakit Jantung?

Fimela.com, Jakarta Serangan jantung bukan cuma satu-satunya penyakit yang mematikan. Bersama beberapa jenis kanker, serangan jantung seakan berlomba menjadi 'pemenang' dari 'pembunuh' yang paling cepat dan mengerikan. 

Di Indonesia sendiri, sudah banyak yang menjadi korban penyakit jantung. Menurut data yang disajikan Cardio Smart, ada lebih dari 600 ribu orang yang mengidap penyakit jantung di seluruh dunia, tahun 2008. 

Penyakit jantung bukan cuma identik dengan cowok saja, meskipun mungkin di rumah sakit lebih banyak pasien cowok dibandingkan cewek di bagian penyakit dalam dan jantung. Soalnya, cewek juga banyak yang mengidap penyakit ini. 

Dilansir dari sumber yang sama, lebih dari 8 juta cewek memiliki riwayat penyakit jantung. Kebanyakan riwayatnya angin duduk atau gagal jantung. 

Tapi, apa sih, yang membuat begitu banyak orang menderita penyakit ini? Apakah murni karena keturunan? Atau ada faktor lainnya yang bikin seseorang terkena penyakit jantung?

Obesitas dan Merokok

Ternyata, dilansir dari sumber yang sama, faktor utamanya nggaki jauh-jauh dari obesitas dan juga urusan lemak. Soalnya, lemak yang ada di tubuh jika berlebihan bisa saja menyumbat pembuluh darah dan menyebabkan kerusakan pada jantung. 

Aau bisa juga, lemak yang menutup otot jantung sehingga nggak bisa mengalirkan darah ke seluruh tubuh dengan optimal. Akhinya, timbul masalah lain seperti pembuluh darah pecah, dan lainnya. 

Selain itu, faktor lainnya adalah rokok. Makanya, kalau kamu ingin jantung sehat, sebaiknya berhenti merokok dan jangan lupa untuk melakukan diet sehat agar jantung dapat bekerja dengan optimal. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

  • Penyakit jantung koroner adalah kondisi ketika pembuluh darah utama yang memberi suplai ke seluruh tubuh terganggu.

    Jantung Koroner

  • Penyakit jantung merupakan istilah umum dari semua penyakit yang menyerang jantung. Jantung koroner, bawaan, aritmia, gagal, infeksi jantung

    Penyakit Jantung

  • Jantung

What's On Fimela
Loading