Sukses

Lifestyle

Cewek Harus Tahu, Kenali 4 Macam Jenis Selaput Dara

Fimela.com, Jakarta Kalau membicarakan masalah kewanitaan, gangguan pada kesehatan vagina pasti selalu menjadi bahan diskusi. Tapi, soal keperawanan dan juga malam pertama selalu menarik untuk dibicarakan. 

Nah, isu-isu ini sebenarnya sangat berkaitan erat dengan selaput dara, salah satu topik yang selalu menimbulkan tanya tapi kadang 'malu' untuk dibicarakan. Selaput dara, yang katanya petanda mutlak keperawanan ternyata hanya membran atau selaput yang sangat tipis, terletak di bagian depan vagina. 

Ketika melakukan hubungan seks pertama kali, selaput dara akan robek dan mengeluarkan sedikit darah. Tapi, ternyata nggak banyak cewek yang tahu kalau nggak semua cewek akan mengalami ini. 

Soalnya, selaput dara itu memiliki berbagai macam bentuk dan jenis. Selaput dara yang sangat-sangat tipis belum tentu mengeluarkan darah pada saat seks pertama. Nah, buat kamu yang penasaran apa saja jenis selaput dara, Young Women's Health menulis ada 4 jenis selaput dara yang dimiliki cewek. 

Bentuk yang Paling Banyak Dimiliki Cewek

Selaput dara yang paling umum dimiliki cewek bentuknya seperti half moon. Biasanya, selaput ini menutupi setengah pintu vagina. Bentuk seperti ini membuat darah haid bisa keluar dengan leluasa.

Imperforate

Ini dia kondisi yang agak jarang. imperforate hymen (selaput dara) menutupi seluruh pintu vagina. Masalahnya, darah haid jadi nggak bisa keluar. Biasanya, hal ini bikin darah haid akan kembali masuk ke dalam vagina dan akhirnya menimbulkan sakit perut bagian bawah atau sakit punggung. Sebagian remaja dengan tipe selaput dara ini merasa sulit saat buang air kecil. Nah, kalau begini, harus diperiksa oleh dokter dan akan dilakukan operasi untuk membuka celah agar darah haid bisa keluar. 

Septate hymen

Nah, kalau yang ini, seluruh sisi-sisi pintu vagina memiliki selaput dara. Tapi, di tengahnya ada dua lubang kecil yang membuat darah haid bisa keluar. Biasanya, kalau begini tampon susah masuk atau juga keluar. Sehingga, dokter biasanya akan melakukan operasi. 

Microperforate

Mirip dengan imperforate, selaput dara yang ini menutupi semua area pintu vagina. Tapi ada satu lubang yang sangat keci. Sehingga darah menstruasi masih bisa keluar lewat vagina. Namun, cewek dengan selaput dara ini nggak bisa menggunakan tampon saat haid. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading