Sukses

Lifestyle

Tahu Nggak Kenapa Bandingin Pacar dengan Mantan Itu Salah Besar?

Fimela.com, Jakarta Dalam pikiran maupun yang sudah jelas terucap, membandingkan pacar dengan mantan akan selalu jadi hal yang salah. Dengan membanding-bandingkan pacar dengan mantan, kamu akan selalu menemukan kekurangan. Padahal yang dibutuhkan adalah apresiasi terhadap pacarmu saat ini, terlepas dari kurang maupun lebihnya.

Mengapresiasi dan mensyukuri pasanganmu sebagaimana adanya dia akan menciptakan hubungan yang nyaman bagi kalian berdua. Secara nggak langsung, kamu akan cenderung terarah untuk melihat kebaikan dalam diri pasanganmu, dan pasanganmu yang merasa diapresiasi pun akan mendapat "bahan bakar" untuk lebih bersemangat terus memperbaiki dirinya.

Sebaliknya jika kamu terus membandingkan antara pacarmu dengan si mantan. Cepat atau lambat, hal-hal buruk pasti muncul nggak terhindarkan dalam hubunganmu, karena racun yang kamu tebarkan itu.

Beberapa alasan lain kenapa membandingkan pacar dan mantan itu sikap yang buruk, yaitu:

1. Sekali pacarmu sadar kalau kamu membandingkan dia dengan mantanmu, mungkin dia akan kehilangan rasa hormatnya kepadamu

Ilustrasi relationship. (Foto: unsplash.com/Manuel Meurisse)

Nggak ada orang yang suka dibanding-bandingkan, apalagi perbandingannya adalah masa lalu. Well, hidup kita saat ini adalah untuk saat ini dan untuk berbuat sesuatu yang lebih baik dari masa lalu. Ya, kan?

2. Kamu cenderung jadi pasangan penuntut

Ilustrasi relationship. (Foto: unsplash.com/David Preston)

Iya, tentu saja kamu ingin memiliki pasangan yang bisa membuatmu merasa bahagia, puas, dan cukup memenuhi standar yang kamu ciptakan. Tapi, bukan berarti kamu menuntut dia untuk jadi seperti yang kamu mau. Kamu harus mengimbanginya dengan perasaan syukur atas apa yang ada, serta menjaganya.

3. Kamu bisa jadi bingung sendiri dengan perasaanmu

Ilustrasi relationship. (Foto: unsplash.com/Ian Dooley)

Mungkin kamu mengapresiasinya ketika dia melakukan hal yang sesuai maumu dan akan berbahagia karena itu. Tapi pernahkah kamu berpikir bahwa mungkin saja, yang bisa dia berikan padamu sebenarnya akan lebih dari itu jika saja kamu nggak banyak menuntutnya? Mungkin saja perasaan antara kalian bisa lebih kuat, jika saja kamu bisa menerima dia tanpa membandingkannya dengan sosok lain?

4. Kebanyakan membandingkan, jangan-jangan sebenarnya kamu belum move on?

Ilustrasi relationship. (Foto: unsplash.com/Sylvain Reygaerts)

Orang yang sudah sepenuhnya move on dan menerima masa lalunya sebagai masa lalu, akan menjalani hidupnya sekarang ini tanpa beban. Ia akan lebih lapang menerima segala yang ada, menjaganya, serta memperbaikinya agar jadi terus lebih baik lagi. Kalau kamu terus membandingkan pacarmu dengan si mantan, mungkin sebenarnya kamu belum move on. Sedihnya, ternyata pacarmu saat ini cuma pelarianmu saja.

5. Tinggal tunggu waktunya hancur

Ilustrasi relationship. (Foto: pexels.com)

Hubungan yang masih dibayang-bayangi mantan akan hancur nggak terselamatkan. Perdebatan nggak penting akan sering mewarnai, menjadi racun bagi hubungan. Sampai nanti pacarmu sadar bahwa penyebab di balik semua pertengkaran itu adalah kamu yang belum bisa menerima dia apa adanya karena masih terbayang mantan, mungkin di situlah titik kehancuran hubunga kalian

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading