Sukses

Lifestyle

Merasa Nggak Punya Teman? Mungkin Kamu Sendiri Penyebabnya

Fimela.com, Jakarta Orang yang paling kesepian di muka bumi ini mungkin adalah orang yang merasa nggak punya teman. Merasa nggak punya teman akan berdampak pada pikiran bahwa dia nggak punya tempat berbagi dan nggak punya seseorang yang bisa diandalkan. Pokoknya, hidupnya tentang kesendirian deh! Kamu merasa begitu atau pernah merasa begitu, nggak?

Permasalahan lain yang mungkin juga sumber dari permasalahanmu adalah, jika di sekitarmu banyak orang tapi nggak ada satupun yang bisa kamu sebut teman, mungkin salahnya bukan di mereka tapi di diri kamu sendiri. Bukan mereka yang nggak mau berbagi sama kamu atau nggak bisa kamu andalkan, tapi kamu yang terlalu menyebalkan untuk dianggap teman.

Sebelum kamu menuduh orang-orang di sekitarmu nggak peka sama keadaanmu, introspeksi dulu. Kamu sendiri sudah peka belum dengan sekitarmu? Pahami kalau setiap relationship, baik dengan pacar maupun dengan teman juga butuh timbal balik. Kamu sudah lakukan itu? Atau kamu masih lakukan hal-hal di bawah ini?

1. Kamu nggak mendengarkan mereka

Ilustrasi relationship. (Foto: unsplash.com/Lucas Pimenta)

Banyak bicara, sedikit mendengar. Di mana-mana yang kayak begitu bakalan jadi masalah besar di tiap hubungan, termasuk pertemanan. Kalau kamu nggak mendengarkan, kamu nggak akan bisa memahami mereka. Kalau kamu nggak bisa memahami mereka, bagaimana hubungan pertemanan itu bisa terjaga?

2. Sifatmu yang self-center terlalu mendominasi

Ilustrasi relationship. (Foto: pexels.com)

Sesayang-sayangnya teman-temanmu sama kamu, akan ada saatnya mereka jenuh dengan sifat self-center kamu itu. Seakan semua hal di dunia ini adalah tentang dirimu, dan mereka hanya figuran di dalamnya. Cobalah sesekali memposisikan diri sebagai penonton dan pendengar mereka.

3. Kamu selalu merasa lebih di antara mereka

Ilustrasi relationship. (Foto: unsplash.com/Hanna Morris)

Nggak cuma dalam hal positif seperti misal dalam hal kebahagiaan, prestasi, maupun materi. Bahka saat sama-sama merasa kesusahan pun kamu merasa lebih nelangsa dari mereka sehingga kamu tetap harus jadi orang yang paling banyak dapat perhatian. Hmm, nggak gitu.

4. Kamu kebiasaan merendahkan orang lain

Ilustrasi relationship. (Foto: pexels.com)

Meski bukan temanmu sendiri yang direndahkan, tapi sikap jelek itu bisa bikin mereka ilfil sama kamu. Apalagi kalau kamu nggak bisa dinasihati untuk mengubah kebiasaan itu. Duh, nyebelin banget lho, itu.

5. Kamu nggak bisa menghargai mereka

Ilustrasi relationship. (Foto: pexels.com)

Nggak ada orang yang suka merasa nggak dihargai. Selagi mereka sadar bahwa di luar sana masih ada orang yang bisa memperlakukannya dengan baik, mereka pasti pergi darimu. Jadi jangan heran kalau kamu nggak punya teman karena kamu nggak bisa menghargai mereka.

6. Nggak pernah minta maaf

Ilustrasi relationship. (Foto: pexels.com)

Nggak mungkin kamu nggak pernah buat salah pada mereka, sekalipun itu nggak disengaja atau dalam konteks bercanda. Teman-temanmu punya perasaan lho, bisa jadi bercandaanmu menyakiti hati mereka.

7. Nggak berusaha dekat dengan mereka, maunya mereka yang berusaha melulu

Ilustrasi relationship. (Foto: unsplash.com/Omar Lopez)

Nah, karena kamu self-center tadi kamu jadi maunya teman-temanmu terus yang berusaha dekat dengan kamu, sementara kamu sendiri nggak melakukan apa-apa saat mereka menjauhimu. Nggak berusaha introspeksi, nggak berusaha bertanya ada masalah apa dan malah berpikir mereka jahat, dan lain-lain sebagainya.

Ingat, kunci berlangsungnya hubungan adalah adanya timbal balik. Setiap hal yang kamu terima atau ingin kamu terima dari temanmu, berikan itu juga untuk mereka. Kalau kamu masih egois, wajar saja kalau pada akhirnya kamu merasa nggak punya teman.

;
Loading