Sukses

Lifestyle

Jangan Terlalu Matang, Begini Cara Rebus Sayuran yang Sehat

Fimela.com, Jakarta Hidup sehat itu kadang kamu harus berkorban. Soalnya, buat kamu yang nggak suka sayuran, pasti akan merasa nggak nyaman kalau dipaksa makan demi kesehatan atau diet. 

Apa lagi, banyak orang yang memilih untuk makan sayur-sayuran kukus atau rebus dibandingkan dengan sayuran tumis, yang menurut banyak orang lebih berasa dan enak dibandingkan dengan sayuran rebus atau kukus tanpa garam. 

Tapi ternyata, makan sayuran belum tentu badanmu jadi sehat, lho! Soalnya, kamu juga harus memikirkan kandungan-kandungan gizi di dalamnya. Sayuran itu sensitif. Kalau dimasak terlalu lama hingga layu dan lembek, gizinya bakal berkurang bahkan hilang sama sekali. 

Mengingat kamu makan banyak sayur supaya sehat, ada baiknya kamu belajar gimana caranya masak sayur supaya vitaminnya nggak terbuang sia-sia. 

Wortel, Paprika, Ubi, Labu, dan Tomat

Banyak cewek yang lebih memilih untuk makan sayuran mentah. Katanya, sayuran mentah itu lebih banyak vitaminnya dibandingkan sayuran matang. 

Eh, jangan salah. Nggak semua sayuran bagus dimasak. Dilansir dari Women's Health Magazine, sayuran yang berwarna-warni (bukan warna hijau) kaya akan karotenoid, antioksidan yang sangat kuat untuk kesehatan mata. 

Tapi, karotenoid ini bakal rusak kalau kamu masak dengan api besar. Kecuali untuk tomat. Tomat ini harus dimasak supaya keluar zat likopen, zat anti kanker yang sangat baik untuk mencegah dan juga mengobati kanker. 

Sayuran Hijau

Sementara, sayuran hijau atau dedaunan sering banget kamu masak. Dibikin capcay, disayur, jadi sup, dan juga dipanggang. Tapi, kadang kamu memasaknya hingga terlalu matang. 

Padahal, kalau dimasak dengan api kecil dan nggak sampai lembek, sayuran hijau itu kaya akan vitamin C dan B. Jadi, lebih baik kamu nggak merebus sayuran hijau, tapi mengukusnya! Sehingga kandungan gizinya nggak terbuang ke dalam air rebusan dan juga nggak hilang karena terkena air dan api yang terlalu panas. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading