Sukses

Lifestyle

Foto Ini Diambil Sebelum Dokter Mengatakan Aku Terkena Kanker

Fimela.com, Jakarta Menurut World Health Organization (WHO) kanker paru adalah penyakit yang diam-diam mematikan, serta merupakan jenis kanker dengan angka kematian tertinggi, yakni 1.59 juta pada tahun 2012. Penyebab angka kematian yang tinggi lantaran biasanya kanker paru sulit didiagnosis.

Setidaknya ada 40 persen orang yang didiagnosis kanker paru setelah kanker paru tersebut sudah berkembang, bahkan ada yang sudah berada pada stadium 4 seperti yang terjadi dengan seorang wanita cantik yang kini fotonya tengah viral di dunia maya. Sama seperti orang lainnya, Vicky Veness juga ingin selalu sehat.

Boleh dikatakan usaha Vicky untuk hidup sehat melebihi orang kebanyakan. Dilansir dari Independent.co.uk, Vicky adalah seorang personal trainer yang selalu menjaga hidup sehat, ia juga tak merokok. Tapi, suatu hari ia mendapat berita tak mengenakan, berita yang sebenarnya tak pernah ia bayangkan sama sekali dan tidak ingin dia dengar seumur hidupnya.

Agustus 2017 lalu, Vicky memeriksakan dirinya ke dokter. Seperti hari-hari biasanya, sebelum menemui dokter ia pun berdandan maksimal, dan tak lupa ia mengambil foto selfie. Dan berjam-jam setelah foto selfie, dokter mengabarkan sebuah berita buruk. Dokter mengatakan bahwa Vicky terkena kanker paru.

Foto Selfie dan Kanker Paru Stadium 4

Sedih itu pasti, dunia seakan mau runtuh saat dokter mendiagnosisnya terkena kanker paru-paru stadium 4. Awalnya dokter hanya mengira bahwa ia terkena asma, lalu 18 bulan setelahnya dokter baru mendiagnosis bahwa ia terkena kanker paru-paru.

Vicky Veness teringat dengan foto selfie yang ia ambil sebelum menemui dokter. Ia pun memposting foto tersebut dan mengunggahnya ke media sosial dengan menuliskan,”Bila kamu terkena kanker, dari luar kamu pasti tidak akan terlihat seperti orang sakit.”

Lewat postingannya tersebut, Vicky ingin memberikan peringatan kepada orang lain untuk “mempertanyakan segala sesuatu jia ia merasa sedang tidak sehat.” Di profil Facebooknya ia menulis: “Sekadar peringatan bahwa postingan ini mungkin membuat kamu kesal ketika membacanya.”

 

Cerita di Balik Foto Selfie dan Peringatan Kanker

Dalam postingannya secara rinci Vicky Veness menjelaskan bagaimana ketika dokter mendiagnosisnya terkena kanker paru stadium 4. “Foto ini diambil beberapa jam sebelum saya didiagnosis menderita kanker paru stadium 4. Saya berumur 30 tahun, seorang personal trainer, pelari, bukan perokok dan hanya memakan makanan sehat.”

“Bila kamu menderita kanker. Dari luar kamu pasti tidak akan terlihat seperti orang asing. Gejalanya hanya terlihat sedikit dan hanya menunjukkan diri mereka sesekali.” Dia mengakhiri postingannya dengan memberikan peringatan kepada orang lain untuk menganggap serius jika merasa ada gejala-gejala yang aneh ditubuhnya.

“Oleh dokter umum gejala yang tubuh saya perlihatkan didiagnosis sebagai asma.” Untuk itu ia berharap supaya orang lain lebih perhatian dengan gejala yang tengah ia rasakan, tanyakan semuanya kepada dokter dan teruslah mencari tahu apa penyebab penyakit yang kamu rasakan hingga mendapatkan jawaban yang pasti.

Vicky Vennes mengatakan setelah mendapatkan diagnosis bahwa ia terkena kanker paru, hari-hari berikutnya adalah hari yang sangat berat. “Tapi, sekarang adalah saatnya untuk melawan ini.” Ia berharap akan ada lebih banyak orang yang langsung menemui dokter ketika mengalami batuk yang terus-menerus.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading