Sukses

Lifestyle

Biar Nggak Jadi Pacar yang Resek, Cegah Cemburu dengan Cara Ini

Fimela.com, Jakarta Cemburu nggak dilarang. Malah kalau hubungan yang berjalan sama sekali nggak ada cemburu-cemburunya, patut dicurigai tuh pacarannya pakai perasaan atau sekadar buat status aja.

Cemburu itu nggak salah, kok. Yang salah adalah kalau cemburunya dilebih-lebihkan dan nggak berdasarkan alasan yang jelas alias mengada-ada. Kalau cemburunya lebay, itu bukan tanda sayang melainkan tanda keposesifan.

Dilan bilang, cemburu itu tanda orang nggak percaya diri. Ya, ada kalanya sih rasa nggak percaya diri itu bisa nggak bisa dihindari. Nggak apa-apa kok, asal jangan dibiarkan terus terjadi. Untuk mencegahnya, lakukan 7 tips mencegah cemburu di bawah ini, yuk!

1. Tanyakan pada dirimu sendiri, kenapa harus cemburu?

Ilustrasi relationship. (Foto: unsplash.com/Kinga Cichewicz)

Hal utama yang harus kamu lakukan untuk mencegah rasa cemburu itu membabi buta adalah; menanyakan kepada dirimu sendiri kenapa kamu harus cemburu? Apa yang dicemburui? Untuk apa? Apa alasannya? Pikirkan sampai kamu ketemu jawabannya.

2. Anggap saja kamu percaya

Ilustrasi relationship. (Foto: pexels.com)

Pura-pura bisa sampai akhirnya kamu bisa betulan. Bersikaplah seakan-akan semuanya baik-baik saja, seakan-akan kamu percaya dan nggak ada yang perlu kamu pertanyakan. Memang sulit karena kamu harus melawan dirimu sendiri, tapi ini akan baik untuk ke depannya.

3. Nggak usah terlalu banyak mencari tahu

Ilustrasi relationship. (Foto: pexels.com)

Sekalipun kamu tahu dia berbohong demi menghindari kecemburuanmu, anggap saja itu sebagai kebenaran. Nggak usah mencari tahu lebih jauh, terima saja apa yang dia katakan kepadamu dan tunjukkan kalau kamu percaya. Dengan begitu, dia akan malu telah berkata nggak jujur ke kamu.

4. Jangan menyalahkan dia, kamulah yang harus bisa mengatasi rasa cemburu itu

Ilustrasi relationship. (Foto: pexels.com)

Mungkin dia memang berperan dalam menimbulkan kecemburuan di hatimu, tapi selebihnya kamu lah yang berkuasa untuk mengendalikannya. Jika jadinya di luar kendali, itu juga gara-gara kamu. Intinya memang kamu yang lebih banyak bertanggung jawab dalam hal ini dibanding dia.

5. Jangan membanding-bandingkan dengan hubungan yang lain

Ilustrasi relationship. (Foto: pexels.com)

Hubungan milik pasangan yang satu dengan pasangan yang lainnya pasti berbeda. Kamu nggak bisa menyamakannya dan berharap jadi seperti orang lain. Kalian pasti punya cara sendiri untuk saling membahagiakan. Kalian punya 'aturan' versi kalian sendiri. Dengan nggak membanding-bandingkan, kamu akan lebih mudah menghindari kecemburuan.

6. Pastikan kamu bisa menjaga sikap

Ilustrasi relationship. (Foto: unsplash.com/Toa Heftiba)

Nah! Balik lagi soal pengendalian diri. Secemburu-cemburunya kamu, kamu harus tetap bisa memilih output yang paling baik. Disampaikan, boleh. Tapi jangan dengan cara-cara yang merusak hubungan kalian.

7. Jadilah pemberani

Ilustrasi relationship. (Foto: unsplash.com/Kseniya Petukhova)

Kamu cuma akan cemburu kalau kamu merasa takut dia akan mengecewakanmu. Beranilah. Kalau kecewa, ya kecewa saja. Lagipula, bukankah jatuh cinta dan kecewa itu satu paket? Kemungkinan buruk selalu ada, tapi kamu nggak bisa selalu menghindarinya. Hadapilah dengan berani agar hubunganmu juga lebih menyenangkan untuk dijalani tanpa keraguan.

;
Loading