Sukses

Lifestyle

7 Alasan Bertengkar Sama Pasangan Bikin Hubungan Lebih Sehat

Fimela.com, Jakarta Hubungan percintaan nggak akan pernah bisa terlepas dari pertengkaran. Pasti ada masanya, para pasangan nggak bersepakat akan suatu hal dan pertengkaran itu nggak bisa dihindari.

Semua pasangan pasti pernah bertengkar meski nggak semua menunjukkannya. Memang, ada pasangan yang suka drama dan nggak malu untuk memperlihatkan pertengkarannya dengan pasangan di muka umum, ada yang menyimpannya untuk berdua sama dan hanya memperlihatkan betapa bahagianya mereka.

Perbedaan lain terkait pertengkaran antara pasangan satu dengan pasangan lainnya adalah cara mereka menyelesaikan masalah yang menimbulkan pertengkarannya. Namun, apapun atau bagaimanapun itu, sebetulnya pertengkaran yang terjadi adalah kesempatan bagi para pasangan untuk membuat hubungannya lebih sehat, lho. Gimana bisa? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Bertengkar itu tanda adanya perbedaan pendapat

Ilustrasi relationship. (Foto: pexels.com)

Berani berbeda berarti kamu dan dia nggak muluk-muluk ingin jadi pasangan sempurna yang serba sama, serba setuju, serba sepakat, dan hidup rukun selalu. Sebagai individu, kamu dan dia berani merayakan perbedaan. Bisa dibilang kamu berada dalam hubungan yang baik.

2. Terjadinya perbedaan pendapat berarti ada kesempatan yang sama besar antara kalian untuk menyuarakannya

Ilustrasi relationship. (Foto: unsplash.com/Arkady Lifshits)

Adanya pertengkaran karena perbedaan pendapat berarti kamu dan dia sama-sama mengutarakan pendapat masing-masing. Bagus lho, berarti dalam hubungan kalian nggak ada yang mendominasi. Atau setidaknya, ini menunjukkan kalau kalian berusaha untuk setara.

3. Mengutarakan pendapat walau berbeda, sama dengan melatih kejujuran

Ilustrasi relationship. (Foto: pexels.com)

Bayangkan kalau kamu memaksakan diri untuk selalu sependapat. Kamu pasti sering menahan keinginan atau pendapatmu sendiri demi menghindari pertengkaran. Lama kelamaan itu pasti membuat kamu pasti tertekan.

4. Bertengkar adalah tanda hubungan sehat

Ilustrasi relationship. (Foto: unsplash.com/Elizabeth Tsung)

Dua manusia dengan dua pemikiran yang berbeda, nggak mungkin selalu sependapat dalam segala hal. Pasti ada perbedaan yang ditutup-tutupi, dan tentu saja itu merupakan kebiasaan buruk. Sebaliknya kalau kamu membiarkan perbedaan itu tersalurkan, kamu menciptakan iklim yang baik bagi hubungan.

5. Dengan bertengkar, para pasangan belajar untuk lebih mengerti satu sama lain

Ilustrasi relationship. (Foto: unsplash.com/Nathan Mcbride)

Pertengkaran membuat kalian mau nggak mau harus mendengar keinginan satu sama lain. Kalian harus mengerti untuk bisa menemukan solusi. Bukankah itu hal yang baik?

6. Bertengkar membuat hubungan kalian lebih kuat

Ilustrasi relationship. (Foto: unsplash.com/Brooke Cagle)

Nggak perlu selalu sama untuk terus bersama. Kadang, kamu butuh perbedaan untuk melihat sejauh mana kalian mau berjuang untuk hubungan yang sedang kalian jalani. Itu semualah yang buat "ikatan" antara kamu dan dia makin erat.

7. Pada akhirnya semua pertengkaran itu bumbu penyedap romansa cinta kalian

Ilustrasi relationship. (Foto: unsplash.com/William Recinos)

Pernah dengar kan kalau pertengkaran itu penyedap bagi hubungan? Nah, itu benar adanya. Jadi nggak perlu khawatir kalau kalian sering bertengkar. Selama kalian bisa menyelesaikannya dengan dewasa dan bijaksana, pertengkaran itu bisa buat hubungan kalian lebih kuat. 

;
Loading