Sukses

Lifestyle

Peringati Imlek, Google Doodle Hari Ini Tampilannya Cute Banget!

Fimela.com, Jakarta Seperti biasa, di hari-hari peringatan tertentu, mesin pencari Google turut memperingati dengan membuat doodle pada tampilannya. Tak terkecuali Hari Raya Imlek yang jatuh pada hari ini, 16 Februari 2018.

Kalau kamu buka Google.com hari ini, kamu akan menemukan sebuah doodle hewan-hewan berwarna biru yang dijadikan lambang shio. Oleh karena tahun ini diwakili oleh shio Anjing Tanah, maka anjing digambarkan lebih besar dari hewan lainnya. Ditambah lagi dengan ornamen emam lampion yang bertuliskan huruf G, O, O, G, L, dan E.

Dikutip dari ensiklopedia bebas online Wikipedia, Hari Raya Imlek merupakan acara pergantian tahun orang Tionghoa. Imlek menjadi perayaan terpenting bagi orang Tionghoa. Perayaan tersebut dimulai di hari pertama bulan pertama di kalender Tionghoa dan berakhir dengan Cap Go Meh pada tanggal ke-15.

Tahun Baru Imlek dirayakan dengan sangat beragam. Namun, umumnya dirayakan dengan makan malam pada malam Tahun Baru, serta penyulutan kembang api. Perayaan pergantian tahun ini juga dianggap sebagai hari libur besar untuk orang Tionghoa. Termasuk di wilayah Korea, Mongolia, Nepal, Bhutan, Vietnam, dan Jepang (sebelum 1873).

 

Tahun Baru Imlek juga dirayakan di daratan Tiongkok, Hong Kong, Makau, Taiwan, Singapura, Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand, dan negara-negara lain atau daerah dengan populasi suku Han yang signifikan. Pada berbagai derajat, telah menjadi bagian dari budaya tradisional dari negara-negara tersebut.

Di Indonesia sendiri, biasanya Tahun Baru Imlek dirayakan dengan pertunjukkan barongsai sebagai hiburan, baik bagi yang merayakan maupun tidak.

 

Loading