Sukses

Lifestyle

Jangan Banyak-banyak, Ini Takaran Tepat Makan Durian Favoritmu

Fimela.com, Jakarta Durian memang menjadi buah favorit banyak orang. Meskipun banyak juga yang nggak suka, durian ternyata bukan cuma disenangi orang-orang di Asia, tapi juga kalangan Eropa dan belahan dunia lainnya. 

 

Meskipun enak banget, tapi kamu tetap harus bisa mengontrol diri saat memakannya, lho! Solanya, durian itu mengandung gas yang bikin kamu nggak enak badan kalau mengonsumsinya terlalu banyak. 

Jadi, ada takaran khusus saat mengonsumsi durian, supaya kita bisa memetik manfaat dari salah satu buah musiman itu, demikian menurut ahli nutrisi dari Persatuan Ahli Gizi Indonesia (PERSAGI), Dr. Rita Ramayulis, DCN, M.Kes.

"Durian merupakan buah yang tinggi energi. Ketika dijadikan sebagai buah untuk satu kali makan, hanya boleh dikonsumsi sebesar 35 gram atau sebanyak dua biji kali waktu konsumsi buah. Bukan dua buah tetapi dua biji," ujar dia seperti dikutip dari AntaraNews, Selasa (20/2/2018).

Selain tinggi energi, durian juga mengandung lemak, alkohol, karbohidrat dan indeks glikemik yang tinggi, sehingga tak seperti buah lain, durian tak bisa secara bebas dikonsumsi.

"Namun jika ingin mengonsumsinya lebih banyak, maka konsekuensinya kurangi konsumsi bahan makanan sumber karbohidrat lainnya," kata dosen di Poltekkes Kemenkes Jakarta II itu.

Durian mengandung alkohol yang tinggi

Semakin matang durian maka semakin tinggi kandungan alkoholnya, akibat proses fermentasi. Namun, menurut Rita, hal ini bukan masalah, asalkan durian tidak dikonsumsi berlebihan.

"Kandungan alkohol pada durian jenisnya ethanol dan methanol yang mudah sekali menguap. Jadi bukan masalah besar sebenarnya. Namun menjadi masalah ketika dikonsumsi berlebih. Artinya, dalam jumlah yang sesuai, durian bisa memberikan banyak manfaat," tutup dia. 

Sumber

Reporter: Liputan6.com

Sumber: Liputan6.com

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading