Sukses

Lifestyle

Kenapa Orang Terkena Tiroid Lehernya Bengkak?

Fimela.com, Jakarta Pembengkakan leher bisa terjadi karena banyak hal. Kadang, pembengkakan pada leher cuma karena adanya infeksi. Tapi, kalau ada pembengkakan pada leher bagian depan, kamu sepertinya harus waspada. 

Soalnya, ini salah satu tanda adanya masalah pada kelenjar tiroidmu. Penyakit ini merupakan gangguan pada kelenjar tiroid yang terletak di bawah jakun. Dilansir dari Alo Dokter, kelenjar ini bertugas mengatur sistem metabolisme tubuh. 

Makanya, peran kelenjar ini sangat penting. Terus, kenapa bisa sampai bengkak ketika seseorang menderita penyakit ini? Dilansir dari media yang sama, pernyakit ini memang membuat kelenjar tiroid membengkak. 

Jadi, kelenjar ini dikendalikan kelenjar hipofisis (pituitary) yang ada di otak. Nah, saat tubuh mengalami kekurangan atau kelebihan hormon tiroid, otak akan memberikan 'perintah' kepada kelenjar tiroid untuk mengurangi atau menambah hormon agar kembali seimbang. 

Sayangnya, kadar hormon pada penderita nggak seimbang. Bisa terlalu berlebihan atau kekurangan. Ketidakseimbangan ini biasanya dipicu oleh berbagai faktor. Seperti kelenjar tiroid yang rusak, pengaruh obat litioum, atau sebelumnya pernah mengalami operasi kelenjar tiroid

 

Bisa Sembuh, Nggak?

Sebenarnya, penyakit tiroid ini nggak terlalu berbahaya. Tapi kalau dibiarkan, nanti bisa menyebabkan kanker tiroid. Makanya, kamu harus cepat-cepat mendapat penanganan dari dokter. Sesuai dengan kondisi tubuh, dokter akan memberikan obat-obatan, atau terapi ablasi iodium radioaktif, dan atau prosedur operasi. 

Tapi, terapi ini biasanya dilakukan kalau kamu memiliki tiroid enis hipertidoisisme yang sulit terkontrol dengan pemberian obat-obatan. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading