Sukses

Lifestyle

Jangan Asal, Begini Cara Buang Obat Kadaluarsa

Fimela.com, Jakarta Kamu yang care dengan kesehatan pasti sering membeli banyak obat-obatan untuk persediaan dan waktu-waktu darurat. Biasanya, obat ini merupakan obat penurun panas, batuk, pilek, dan sakit kepala. 

Tapi, kadang kondisi tubuhmu sangat baik dan kamu bahkan nggak mengonsumsi obat-obatan tersebut. Nah, kalau begini, kadang kamu harus cermat dengan tanggal kadaluarsa. 

Kamu harus membuang semua obat yang sudah lewat batas waktu aman pemakaian. Tapi, jangan langsung asal buang begitu saja, lho! Karena obat yang dibuang sembarangan bisa dipungut orang lain dan disalahgunakan. 

Dilansir dari Liputan6, ada cara khusus untuk membuang tablet atau obat kadaluarsa. Caranya dengan memusnashkan obat. Kalau tablet, kamu harus membuka setiap tablet dan getok hingga hancur. Untuk kapsul, kamu harus menggunting cangkang kapsul dan melarutkan bubuk obat yang ada di dalamnya bersama air. 

Sementara, obat yang sifatnya krim atau salep, kamu harus menggunting tempatnya dan menimbun isinya di dalam tanah. Dan, untuk obat cair, kamu harus merusak botol kemasan. Isinya, kamu harus cairkan dengan air dan buang ke saluran pembuangan air. Dengan begini, pembuangan obat kadaluarsa akan aman. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading