Sukses

Lifestyle

3 Hal yang Harus Dipertimbangkan Saat Putus, Biar Habis Itu Nggak Musuhan!

Fimela.com, Jakarta Saat rasa cinta memudar dan hubungan sudah nggak lagi senyaman dulu, pilihan terbaik yang bisa ditempuh memang putus saja. Tapi, putus pun bukan pilihan yang mudah untuk diambil. Terlebih jika kamu sangat menghindari kemungkinan ada yang merasa terluka.

Kendati demikian, yang terbaik tetaplah yang terbaik untuk dijalani. Hanya saja memang ada hal-hal yang harus dipertimbangkan sebelum mengakhiri sebuah hubungan agar nantinya tidak ada yang saling benci. Agar tak ada yang menyimpan dendam atau merasa kecewa dan dikecewakan.

Setidaknya pertimbangkan dulu tiga hal ini sebelum benar-benar mengakhiri sebuah ikatan.

Apakah bisa sama-sama bahagia setelah memilih jalan masing-masing?

Hal ini bisa kamu bicarakan dulu dengannya. Sebaiknya pastikan setelah memilih jalan masing-masing, kamu dan dia bisa sama-sama bahagia. Jika mengobrol atau mendiskusikan hal ini sulit untuk dilakukan, setidaknya kamu bisa mengutarakan rencanamu setelah putus darinya.

Misal, rencana soal bagaimana kamu akan menjalani hidupmu tanpanya. Atau rencana bahwa kamu tetap akan menjalani hari-harimu seperti biasa tapi dengan cara-cara yang lebih baik, juga rencana-rencana lainnya.

Sebelum Benar-benar Putus, Pertimbangkan Hal Ini Terlebih Dahulu

Apakah masih ada masalah yang dipendam?

Sebuah perpisahan kerap terjadi karena ada masalah yang belum terselesaikan. Belum ada solusi untuk sebuah masalah. Hal itu mungkin tak bisa dihindari. Tapi pastikan tak ada lagi masalah yang dipendam. Agar nantinya tak memunculkan dendam dan perasaan yang mengganjal di hati. Akan lebih baik rasanya bisa semua masalah bisa diungkapkan semua sebelum hubungan berakhir. Dengan begitu, setidaknya hati bisa lebih lega nantinya.

Apakah tidak ada lagi kesempatan kedua?

Tergantung dari penyebab dan masalah yang dihadapi, pertimbangkan juga soal apakah nantinya bakal ada kesempatan kedua untuk memperbaiki hubungan. Biasanya setiap permasalahan dalam sebuah hubungan itu masih bisa diberi kesempatan kedua, kecuali untuk kasus perselingkuhan. Jika hubunganmu retak karena ada yang mendua, tampaknya akan sulit untuk menciptakan kesempatan kedua.

Meski bertahan itu sulit, bukan berarti kamu harus putus tanpa pertimbangan matang, girls. Sebab selain untuk menghindari rasa dendam saat kalian sudah jadi mantan nantinya, pertimbangan seperti ini juga bermanfaat untuk melindungimu dari penyesalan di kemudian hari. 

 

Sumber: Vemale.com

Penulis: Endah Wijayanti

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading