Sukses

Lifestyle

Sayangi Suami, 3 Tips Buat Vagina yang Awet Muda

Bintang.com, Jakarta Sering kali perempuan mencoba berbagai cara untuk merawat kesehatan vaginanya. Mulai dari menggunakan douche hingga sabun pembersih daerah kewanitaan. Sayangnya, sering kali banyak kaum Hawa yang nggak tahu kalau cara ini sudah lama dilarang. 

Pasalnya, douche memang bisa membersihkan vagina dari jamur dan bakteria. Namun sayangnya, cara ini juga bisa membunuh bakteria baik yang menjaga pH vagina tetap seimbang. 

Begitu juga dengan sabun pembersih daerah kewanitaan. Produk ini memang akan membunuh kuman, bakteria, dan jamur, termasuk yang dubutuhkan oleh vagina. 

Bahkan, beberapa produk mengandung pewangi dan juga alkohol yang bisa mengubah pH vagina. Akibatnya, jamur dan bakteria jahat justru tumbuh dan akhirnya menyebabkan keputihan dan infeksi pada vagina. 

Kamu yang suda berumah tangga tentunya ingin menjaga kewanitaanmu bukan cuma untuk dirimu sendiri. Tapi juga untuk pasanganmu tercinta. Biar vagina terus awet muda, sehat, dan pH seimbang, berikut ini 3 hal yang bisa kamu lakukan. 

2 dari 4 halaman

1. Basuh dengan Air

Dilansir dari Shape.com, vagina sebenarnya bisa mengembalikan pH-nya seperti sedia kala. Jadi, kamu nggak perlu mencucinya dengan sabun dan juga pembersih lain. Cukup basuh dengan air mengalir. 

Selain itu, jangan lupa untuk mengganti celana dalam dengan sering. Gunakan juga tampon organik yang nggak mengandung bahan kimia saat kamu haid. 

3 dari 4 halaman

2. Kegels

Menjaga kesehatan vagina bukan cuma dengan menjaga kebersihannya saja. Tapi juga kekencangan otot vagina. Buat perempuan yang sudah menikah, hal ini penting banget. 

Meski kamu masih muda, nggak ada salahnya kamu melatih otot di bawah sana dengan latihan kegels. Kamu bisa melakukannya 1-3 kali dalam seminggu. 

4 dari 4 halaman

3. Bercinta

Seks ternyata juga bisa bikin vagina sehat! Soalnya, menurut Shape.com, seks dan penetrasi bisa memperlancar aliran darah ke daerah kewanitaanmu. Jadi, bercintalah dengan pasanganmu dengan rutin. 

Hal ini bukan cuma baik untuk daerah kewanitaan tapi juga merupakan salah satu cara ampuh buat kamu yang ingi cepat mendapat momongan. 

Loading
Artikel Selanjutnya
Tak Punya Miss V, Wanita Ini Tetap Berharap Bisa Jadi Seorang Ibu
Artikel Selanjutnya
3 Alasan Kenapa Kamu Nggak Boleh Pakai Tampon