Sukses

Lifestyle

Kenapa Baju Baru Harus Dicuci Sebelum Kamu Pakai?

Fimela.com, Jakarta Baju baru biasanya memang lebih menarik dibandingkan dengan baju yang sudah lama kamu pakai. Entah karena baunya yang khas, atau karena kamu memang benar-benar menyukainya. Baju baru kadang terlihat lebih spesial dibandingkan dengan pakaian lainnya, ya?

Makanya nggak heran kalau sebagian dari kita, ketika membeli pakaian pasti langsung dipakai tanpa dicuci terlebih dahulu. Padahal, banyak risiko yang bisa mengancam kesehatan khususnya, kesehatan kulit.

Dilansir dari The Independent, Selasa (27/2), seorang profesor dermatologi di Columbia University Medical Center, Donald Belsito, mengatakan mengenakan pakaian yang dibeli dari toko yang tidak dicuci dapat menyebabkan berbagai penyakit kulit, seperti iritasi, kudis, kutu, atau bahkan jamur.

Ketika seseorang akan membeli pakaian, dapat menyebarkan hama ke baju itu. Kutu adalah salah satu ancaman yang mungkin disebarkan oleh orang sebelum kamu membeli.

Selain itu, pakaian yang dibeli di toko juga bisa menjadi "rumah" berbagai bahan kimia yang bisa mendatangkan malapetaka pada kulit.

Bagaimana dengan Baju yang Kamu Beli Secara Online?

Sementara itu, menurut ahli dermatologi Lindsey Bordone dari Columbia University Medical Center, mencuci baju baru sebelum mengenakannya, meski dipesan secara online adalah hal yang sangat penting.

"Ketika pakaian dikirim, mereka juga dijaga dengan beberapa bahan pengawet sehingga jamur tidak akan tumbuh pada pakaian selama proses pengiriman jika ada kelembapan," kata dia.

Salah satu bahan kimia yang menempel pada pakaian baru adalah resin formaldehid yang biasa digunakan untuk mencegah jamur dan menjaga pakaian bebas kerut.

Namun, pakaian dengan formaldehid dapat menyebabkan reaksi parah, seperti eksim, terutama bila formaldehid melebihi kadar kimia yang diizinkan. Selain itu, pewarna pada pakaian juga bisa menimbulkan reaksi alergi. Beberapa risiko itu dinilai akan hilang ketika membiasakan diri untuk mencuci pakaian yang baru dibeli.

 

 

Penulis: Syifa Fauziah 

Sumber: Brilio.net

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading