Sukses

Lifestyle

3 Perbedaan Probiotik dan Prebiotik yang Harus Kamu Tahu

Fimela.com, Jakarta Ketika kamu ingin belanja susu, yogurt, dan produk lainnya, kamu pasti memerhatikan daftar kandungan dalam kemasan. Nah, kalau kamu melihat pada kota atau kemasan susu, biasanya ada dua hal yang bikin kamu agak bingung. Probiotik dan prebiotik. 

Banyak orang yang nggak bisa membedakan keduanya. Sehingga, mereka salah membeli produk makanan. Atau, ketika kamu ingin membeli produk yang mengandung bakteria baik. Tapi kamu malah membeli produk lain. 

Nah, biar kamu nggak salah lagi, ada baiknya kamu tahu beberapa perbedaan di antara keduanya. Dilansir dari Health Line, probiotik merupakan bakteria yang berguna untuk tubuh. Sementara, prebiotik merupakan makanan untuk bakteria ini. 

Selain itu, apa lagi, sih perbedaan di antara keduanya? Kamu yang care sama kesehatanmu sendiri pasti ingin tahu lebih banya. Dilansir dari sumber yang sama, berikut ini beberapa perbedaannya. 

1. Keduanya Penting

Sebenarnya, keduanya penting untuk kesehatanmu. Tapi, kamu harus tahu dulu, apa yang dimaksud dari masing-masing. Probiotik merupakan bakteria hidup yang ditemukan di berbagai makanan atau juga makanan tambahan. Kegunaanya sangat banyak untuk tubuh. Sementara itu, prebiotik adalah zat yang berasal dari berbebagai jenis karbohidrat yang nggak bisa dicerna oleh tubuh. Justru, bakteria yang ada di ususmu makan zat ini. 

2. Di Mana Kamu Bisa Temukan Prebiotik?

Kamu nggak perlu bingung lagi mencari makanan yang mengandung prebiotik alami, kalau kamu punya daftar ini. Jadi, yang mengandung probiotik antara lain oat, pisang, buah beri, asparagus, bawang putih, dan lainnya. 

Selain itu, kamu juga bisa memperolehnya dari berbagai makanan tambahan yang dijual di berbagai toko obat. 

3. Apa Saja yang Mengandung Probiotik?

Nah, kalau probiotik, kamu juga bisa mencari banyak makanan yang mengandung probiotik. Ada probiotik merupakan makanan yang secara natural sudah memiliki kandugan bakteria baik. Contohnya yogurt. 

Tapi, kamu juga bsia membuat makanan yang mengandung probiotik. Seperti kimci, teh kombucha, kefir, dan lain sebagainya. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading