Sukses

Lifestyle

Mengenal Sir William Henry Perkin, Penemu Pewarna di Usia 18 Tahun

Fimela.com, Jakarta Sir William Henry Perkin, namnaya kini menjadi salah satu yang paling di cari di mesin pencarian. Kemunculannya lewat Google Doodle hari ini (12/3/2018) membuat banyak orang mencari tahun siapa sosok pria tersebut.

Sir William Henry Perkin adalah seorang ahli kimia Inggris yang terkenal karena menemukan pewarna sintesis. Mauveine atau ungu muda adalah warna pertama yang ia temukan saat berusia 18 tahun.

Melansir laman Google, rupanya ia menemukan warna tersebut secara tak sengaja. Sir William Henry Perkin menemukan pewarna tersebut saat ia sedang membersihkan noda di gelas kimia yang ia gunakan setelah gagal melakukan percobaan.

Setelah menemukan pewarna itu, ia pun sadar untuk langsung memfokuskan penemuannya pada bidang tesebut dan melakukan pematenan dan komersialisasi pewarna yang ia beri nama mauveine ini.

Sebelum menjadi penemu pewarna, sebelumnya Sir William Henry Perkin melakukan percobaan mensintesis kina untuk menemukan obat malaria, meski gagal, ia kemudian menjadi orang sukses berkat penemuan pewarna tersebut.

Sir William Henry Perkin dan Parfum

Lewat penemuannya tersebut, Sir William Henry Perkin mampu membuat pewarna yang awalnya hanya disediakan untuk orang-orang beruang bida dinikmati banyak kalangan.

Selain fokus pada penemuan pewarna sistensis, pria kelahiran 12 Maret 1833 ini, selain fokus dalam bidang penemuan pewarna sintesis, ia juga menemukan cara membuat kumarin, salah satu bahan baku parfum sintesis pertama juga asam cinnamic.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading