Sukses

Lifestyle

Ini Dinda Syarif, Transgender Indonesia yang Dapat Penghargaan di Kontes Kecantikan Dunia

Fimela.com, Jakarta Nama Dinda Syarif kini jadi perbincangan masyarakat dunia maya. Siapakah dia? Beberapa tahun lalu sosok Dinda Syarif memang sempat menjadi viral lantaran ia dikenal sebagai transgender cantik yang juga merupakan teman baik dari aktor ganteng Kiki Farrel.

Lama tak terdengar beritanya, Dinda Syarif membawa sebuah kabar yang menggembirakan. Ia diketahui mengikuti ajang ratu kecantikan khusus transgender bertajuk Miss International Queen yang digelar di Thailand.

Meski tak lolos menjadi pemenang, tapi ternyata Dinda berhasil membawa penghargaan sebagai kontestan dengan kostum nasional terbaik. Saat mengikuti kontes kecantikan tersebut Dinda mengenakan kostum karya desainer asal Cirebon, yakni Violeta Akrein. 

Dalam unggahannya di akun Instagramnya, @dindasyarif, Dinda sempat menceritakan kostum berwarna merah yang dinamakan Mustika of Kelana tersebut. “National costume seberat 30 kg karya dari @violetaakrein,” tulis Dinda. Di bawah ini penjelasan soal kostum Mustika of Kelana:

“Indonesia sudah terkenal dengan kebudayaan yang beraneka ragam yang ada di seluruh propinsi yang ada. Salah satu kebudayaan itu adalah seni tari. Seni tari setiap daerah mempunyai ciri khas yang berbeda dengan daerah lainnya. Salah satunya adalah tari topeng Cirebonan.

Bentuk topeng berwarna serba merah dengan kumis tebal dan tatapan mata tajam serta gagah pada gerakannya, topeng Kelana ini lebih kepada mengaktualisasi diri dan ekspresif. Namun, gerakan pada topeng Kelana sejatinya menggambarkan sebagai manusia yang mampu mengendalikan nafsu amarah.

Topeng Cirebon menjelaskan simbol sedulurpapat kelima pancer kelima pancer atau empat nafsu dalam diri manusia. Nah, pada Topeng Kelana ini merupakan simbol dari tingkatan orang yang paripurna tapi bukan konteks angkara murka, melainkan orang yang sudah sampai pada tingkat aktualisasi diri, ekspresif.

Sebagai salah satu tarian yang termahsyur di Jawa Barat, kesenian Tari Topeng Cirebon rasanya tak bisa dilepaskan dari karakter kuat yang melekat pada kesenian ini. Tari Topeng Cirebon merupakan sebuah gambaran budaya yang luhur, filsafat kehidupan yang menggambarkan sisi lain dari diri setiap manusia.”

Itulah cerita di balik kostum yang dikenakan oleh Dinda Syarif saat berlaga di ajang ratu kecantikan khusus transgender bertajuk Miss International Queen yang digelar di Thailand.

Dinda Syarif Bersaing dengan Transgender dari Berbagai Negara

Mahkota Miss International Queen 2018 sendiri berhasil disabet oleh Vietnam. Meskipun tak berhasil memenangkan kontes kecantikan tersebut, tapi Dinda Syarif patut berbangga karena di kategori kostum terbaik Dinda berhasil bersaing dengan puluhan kontestan lainnya dari berbagai negara.

“Saya bangga sebagai orang Cirebon bisa mengangkat seni tradisional Cirebon ke internasional, semangat Dinda,” komentar pemilik akun Instagram @nonahaninonahani. Sementara itu pemilik akun Instagram @iwa.purwanty berkomentar,”Hebat, salute, kamu punya kaki dan tulang punggung yang kuat dear. Good Luck.”

Ikut Kontes Kecantikan Internasional, Instagram Dinda Syarif Dibanjiri Komentar

Keikut sertaan Dinda Syarif dalam kontes kecantikan dunia, Miss International Queen 2018 ternyata mendapatkan komentar yang beragam dari masyarakat Indonesia. Ada yang mendukung Dinda, namun ada pula yang memberikan komentar negatif terhadap Dinda Syarif yang merupakan seorang transgender ini.

“Congratz ya bebz, meskipun nggak masuk semi final, tapi penampilannya oke sayangku, apalagi dapat best national costume itu cucoo mandjah. Sukses terus My Queen,” tulis Instagram @hargisastromihardjo. Sementara itu akun Instagram @mommy_kayyyy berkomentar,”Baru tahu transgender, selama ini ngiranya cewek tulen, dari atas sampai bawah nggak ada yang menunjukkan bahwa dia laki-laki, btw congrats.”

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading