Sukses

Lifestyle

Mengenal George Peabody, Mantan Pria Miskin Paling Dermawan

Fimela.com, Jakarta Hari ini (16/3/2018) Google Doodle menampilkan sosok George Peabody yang dijuluki sebagai bapak filantropis modern. Ya, pria kelahiran 18 Februari 1795 ini telah menjadi sosok panutan karena kegigihan dan kedermawanannya membantu sesama.

Bicara soal George Peabody, ia adalah pria yang lahir dari keluarga miskin di Massachusetts. Meski begitu ia memiliki tak tinggal diam, ia memulai bisnisnya dengan berjualan sebelum akhirnya menjadi seorang bankir.

Di masa kecilnya, ia tak memiliki kesempatan bagus untuk mengenyam pendidikan, di mana ia hanya bersekolah beberapa tahun. Hidup dengan segala yang terbatas, hal ini pun memengaruhi pribadi George Peabody yang menjadi seorang yang pandai berhemat dan filantropi.

Melansir berbagai sumber, pada tahun 1837, George Peabody pindah ke London yang saat itu menjadi ibu kota keuangan dunia. Kariernya pun kemudian melesat, di mana ia menjadi bankir Amerika terkenal yang membantu membangun kredit internasional dengan menyalurkan modal dari Eropa dan Inggris ke berbagai bidang usaha yang menjanjikan di Amerika Serikat.

Selain karena kariernya, George Peabody yang terkenal karena kedermawanannya juga pernah menyumbangkan sebagian hartanya. Dari totoal kekayaannya sebanyak US$16 juta, ia menyumbangkan sebanyak US$8 juta untuk membantu oranglain.

Membangun Fasilitas Pendidikan

Selain menyumbangkan uangnya, George Peabody juga membangun berbagai fasilitas pendidikan seperti perpustakaan dan galeri seni diantaranya Peabody Institute, PeaPeabody Trust di Inggris, George Peabody Library di Baltimore, dan menginisiasi berbagai kegiatan amal lainnya.

Kemurahan hatinya pun telah membekas dibenak banyak orang. Atas dedikasinya, ia pun mendapatkan banyak penghargaan salah satunya Congressional Gold Medal.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading