Sukses

Lifestyle

Dulu Seperti Tempat Pembuangan Sampah, Kini Selokan di Yogyakarta Cantik Kayak di Jepang

Fimela.com, Jakarta Selokan yang ada di Yogyakarta ini kini tengah menjadi perbincangan masyarakat, pasalnya dulu selokannya bau dan banyak sampah, tapi sekarang selokannya jadi cantik banget. Sebelum membahas soal selokan di Yogyakarta, kamu pasti masih ingat soal parit bening di Klaten yang mirip seperti di Jepang dan menghebohkan dunia maya.

Pertengahan Maret 2015 lalu masyarakat dunia maya dihebohkan dengan unggahan foto selokan bersih, bening dan banyak ikan, persis banget sama yang ada di Jepang. Tapi ternyata foto tersebut di klaim diambil di Klaten. Saat itu memang belum dapat dipastikan apakah foto parit bersih tersebut benar diambil di Klaten atau bukan. Fotonya seperti yang ada di bawah ini nih girls.

Kelihatan bersih banget kan airnya? Si ikan jadi bisa berenang bebas tanpa tercemar oleh sampah-sampah nih. Nah, nggak kalah menghebohkan dari parit di Klaten, ternyata di Yogyakarta ada selokan yang juga bersih banget.

Dulu selokan itu menjadi tempat warga membuang sampah, jadi nggak usah ditanya bagaimana kotor dan baunya tempat tersebut. Tapi, kini selokan sepanjang 300 meter tersebut sudah berubah jauh lebih cantik.

"Wah selokannya dulu ambyar, kotor, buang sampahnya pada di sini semua," kata Bayu Rumianto (37) warga RT 69 RW 14 Kampung Dukuh, Kelurahan Gedongkiwo, Kecamatan Mantrijeron, Kota Yogyakarta beberapa waktu lalu, seperti dilansir dari Brilio.net, Jumat (16/3/2018).

Menurut Bayu, kini ia tidak mencium bau selokan yang sangat menyengat seperti dulu. Air selokan yang dulunya dipenuhi oleh sampah sekarang malah berisi belasan ribu ikan nila yang dibudidaya oleh warga setempat.

Selokan di Yogyakarta Bersih, Warga pun Happy

Dulu jangankan duduk-duduk, untuk berjalan di pinggir selokan saja mungkin warga sudah segan lantaran kotor dan bau sampah. Tapi kini, setelah selokan bersih dan penuh ikan, banyak warga yang menghabiskan waktu untuk melihat ikan atau pun tanaman yang ada di sekitar selokan.

"Perubahan paling menyolok yang dirasakan saat berada di sini yaitu senang, rileks dan waktu pulang bisa tersenyum. Kalau dulu mana ada yang mau datang, lihat kondisi (banyak sampah) mereka pada lari," jelas Bayu.

Selokan dengan Konsep Budidaya Ikan

Warga yang membuang sampah di selokan, warga juga yang harus membersihkan dan menjaga agar selokan tetap bersih. Ya, kesadaran dari masing-masing warga untuk tidak membuang sampah di selokan memang sangat diperlukan.

Selokan yang dulu penuh dan sampah kini menjadi tempat ribuan ikan hidup berkat konsep yang diusung warga, yakni budidaya ikan. Selain itu, selokan di Yogyakarta ini sekarang juga dijadikan sebagai tempat edukasi wisata.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

  • Jepang adalah negara yang disebut sebagai negara kepulauan karena memiliki lebih dari 6000 pulau disekitarnya.
    Jepang adalah negara yang disebut sebagai negara kepulauan karena memiliki lebih dari 6000 pulau disekitarnya.

    Jepang

  • Daerah Istimewa Yogyakarta adalah daerah istimewa di Indonesia yang memiliki tingkatan yang sama dengan provinsi.
    Daerah Istimewa Yogyakarta adalah daerah istimewa di Indonesia yang memiliki tingkatan yang sama dengan provinsi.

    Yogyakarta

  • Selokan

Loading