Sukses

Lifestyle

Hal-hal yang Harus Kamu Persiapkan Menjelang Lamaran

Fimela.com, Jakarta Prosesi lamaran bisa jadi satu babak baru yang menyenangkan bagi setiap hubungan asmara. Sebab, adanya rencana lamaran ini sedikit banyak menunjukkan bukti keseriusan kalian menjalin asmara. Kamu pun pasti senang jika perjuanganmu dan pasangan sampai ke tahap lamaran, kan?

Di balik kesenangan itu, sebenarnya jalan menuju berlangsungnya prosesi lamaran itu juga penuh lika-liku. Bisa dibilang, mungkin persiapan menuju lamaran ini adalah simulasi persiapan pernikahan yang akan di hadapi para pasangan selanjutnya.

Meski "hanya" lamaran, kamu dan dia tetap harus mempersiapkan yang terbaik supaya momen ini jadi kenangan yang benar-benar manis tentang perjuangan kalian nantinya. Setuju?

Buat kamu yang hendak menuju tahap lamaran, di bawah ini ada beberapa list persiapan yang mesti kamu penuhi.

Persiapan Nonteknis Menjelang Lamaran

Keyakinan antara kamu dan pasangan

Sadari bahwa selama menuju ke sana pasti akan ada banyak rintangan menghadang. Berjanjilah kepada satu sama lain untuk selalu menghadapinya bersama. saling dukung, saling bantu dan saling melindungi di setiap rintangan. Itu bisa membuat satu sama lain merasa lebih tenang dan yakin.

Restu orang tua

Tentu saja kalian tidak bisa mengesampingkan orang tua. Justru mulai sekarang, orang tua akan terlibat secara langsung. Pastikan kalian sudah mengantongi restu mereka, ya. Sebelum memberi pengumuman pada teman-teman dan keluarga besar, temui dulu orang tua satu sama lain berdua, lalu pertemuan antara kedua orang tua.

Sepakati tanggal dan tempat

Usahakan hal-hal teknis mengenai pelaksanaan acara lamaran dan gambaran besar mengenai pernikahan sudah disepakati dalam pertemuan kedua belah pihak orang tua. Biar saat lamaran nanti kamu, pasangan, dan dua belah pihak keluarga tinggal memberi tahu keluarga besar mengenai rencana selanjutnya.

Persiapan Teknis Menjelang Lamaran

Siapa saja yang akan diundang

Nah, siapa saja yang akan diundang ini bergantung pada konsep yang disepakati keluarga. Apakah kalian akan mengadakan acara yang lumayan ramai dengan mengundang keluarga besar serta teman-teman, atau cuma keluarga inti dan perwakilan dari keluarga besar saja? Tamu undangan juga berpengaruh pada persiapan lain seperti lokasi, kalau di rumah ruangnya cukup atau tidak, kalau di restoran butuh reservasi untuk berapa, dan sebagainya.

Lokasi, catering, dan dekorasi

Mau di rumah, resto, atau ballroom hotel pun tiada masalah selagi kedua belah pihak menyepakati. Yang jelas kalau bikin acara selain di rumah, jangan lupa untuk reservasi dari jauh-jauh hari. Pertimbangkan juga letak yang strategis untuk dijangkau keluargamu dan keluarganya.

Hantaran/seserahan

Ada pasangan yang membawa hantaran saat lamaran, ada pasangan yang membawanya nanti di hari-H pernikahan. Sepakati saja berdua, kapan kalian akan membawa ini.

Perhiasan, pakaian, makeup

Tak jarang pasangan bertukar cincin pada saat lamaran, tapi sebenarnya cincin itu bukan sebuah keharusan kok. Apalagi ada juga yang meyakini bahwa pria tidak perlu memakai cincin. Perhiasan yang diberikan sebagai tanda "pengikat" pun tak harus cincin, tapi juga bisa berupa kalung atau gelang. Soal pakaian dan makeup pun bukan hal pokok, sifatnya hanya penyempurna saja. Sebenarnya tidak pakai baju baru atau baju senada dengan pasangan pun tak apa-apa, tak makeup pun bisa saja. Tapi tentunya, kamu ingin tampil spesial di hari spesialmu dan pasangan, kan?

Hal-hal yang disebutkan di atas bisa saja berbeda pada tiap pasagan. Yang penting ingat, inti dari semua proses ini agar berjalan lancar adalah komunikasi dari kedua belah pihak. Bukan cuma kamu dan pasangan tapi juga keluarga kalian. So, jangan ragu untuk mengomunikasikan berbagai hal terkait kelangsungan acara lamaran kalian dengan keluarga, ya!

Loading