Sukses

Lifestyle

Ini Niat Puasa Rajab dan Tanggal Pelaksanaannya

Fimela.com, Jakarta Rajab, salah satu bulan yang dimuliakan dari kalender hijriyah ini begitu istimewa, di mana pada bulan ini, orang Islam dilarang melakukan peperangan seperti tertulis dalam Al-Quran dalam surat At-Taubah ayat 36. Di bulan yang istimewa ini pun dianjurkan untuk lebih banyak menjalankan ibadah salah satunya berpuasa di bulan Rajab. Sudah tahu lafal niat puasa Rajab?

Bicara soal puasa Rajab, melansir laman nu.or.id, amalan ini sangat dianjurkan, seperti disabdakan Rasullullah SAW dalam hadis-hadisnya jika berpuasa di bulan agung seperti di bulan Muharram, Rajab, Dzulqa‘dah, Dzulhijjah, dan Sya‘ban, adalah paling utama setelah puasa Ramadan.

“Seutama-utama puasa setelah Ramadan adalah puasa di bulan-bulan al-muharram (Dzulqa'dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab). (HR. Muslim).

Tahun ini tanggal 1 Rajab jatuh pada Senin, 19 Maret 2018. Terkait pelaksanaannya, puasa Rajab dilaksanakan pada awal bulan yaitu tanggal 1, 2, 3 Rajab, lalu dipertengahan bulan tanggal 13, 14, 15 Rajab, dan di akhir bulan Rajab pada 17, 28, dan 29.

Biar kamu nggak lupa, berikut ini adalah niat puasa Rajab yang bisa kamu lafalkan pada malam sebelum puasa.

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ رَجَبَ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin ‘an adâ’i sunnati Rajaba lillâhi ta‘âlâ.

Artinya, “Aku berniat puasa sunah Rajab esok hari karena Allah SWT.”

Niat Puasa Rajab Tengah Hari

Buat kamu yang baru tahu kalau hari ini adalah dimulainya puasa Rajab jangan sedih karena nggak bisa ikutan. Perlu kamu tahu, kamu bisa ikut melaksanakan puasa Rajab meski sudah tengah hari, dengan syarat kamu belum melakukan hal yang membatalkan puasa seperti makan dan minum.

Ya, jadi kalau kamu belum makan dan minum masih bisa ikut berpuasa Rajab hari ini ya. Berikut niat puasa Rajab yang bisa kamu lafalkan.

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ رَجَبَ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin ‘an adâ’i sunnati Rajaba lillâhi ta‘âlâ.

Artinya, “Aku berniat puasa sunah Rajab esok hari karena Allah SWT.”

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading