Sukses

Lifestyle

Jangan Sering-sering, Ini 2 Bahaya yang Mengintai Saat Kamu Pakai Tusuk Gigi

Fimela.com, Jakarta Kadang, usai makan siang kamu merasa ada sisa makanan yang terselip di sela-sela gigi. Karena nggak ada waktu atau malas gosok gigi, kamu akhirnya menggunakan tusuk gigi. 

Meski kamu akan berhati-hati, tusuk gigi ini ternyata berbahaya buat kesehatan, lho! Bukan cuma bisa bikin renggang gigi, tapi ada beberapa gangguan kesehatan yang bisa timbul cuma karena tusuk gigi yang kecil ini. 

Dilansir dari Health.com, tusuk gigi yang terbuat dari kayu dan plastik sama-sama memiliki efek yang buruk. Dari pada menambah bahaya, kamu sebenarnya lebih baik memilih floss yang lebih lembut. 

Meskipun belum banyak orang yang tahu, apa sih bahaya dari tusuk gigi yang keseringan? Health.com menjabarkan paling nggak ada 3 gangguan yang akan timbul. 

1. Renggang

Saat kamu menggunakan tusuk gigi secara sering, lama-lama akan menciptakan sela atau rongga di antara gigi. Nah, ketika ada cela ini, gusi yang nggak tertutup gigi tadi lama-lama bisa turun. Kondisi ini akan membuat banyak sisa makanan menempel pada gusi. 

Epulis fibromatousa

Keseringan menggunakan tusuk gigi juga bisa menimbulkan epulis fibromatousa. Kondisi ini merupakan pembesaran gusi akibat keseringan memakai tusuk gigi. 

Epulis fibromatousa merupakan benjolan lunak berwarna pucat. Nggak berdarah, dan juga nggak sakit. Tapi, untuk menghilangkannya kamu harus melakukan pemotongan dan kuret pada gusi 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading