Sukses

Lifestyle

Kesalahan Sepele Ini Bikin Obat Jadi Tak Berfungsi

Fimela.com, Jakarta Obat seharusnya bereaksi beberapa saat setelah kamu minum. Obat, akan meredam rasa sakit dan inflamasi yang terjadi dalam tubuhmu.

Tapi sayang, banyak orang tak tahu beberapa pantangan dan kesalahan yang bikin obat yang sudah kamu minum jadi tak berfungsi. Dilansir dari Step to Health pada Selasa (20/3/2018), 6 kesalahan ini bisa membuat konsumsi obat Anda jadi tidak berguna.

1. Hati-Hati Dengan Minuman Ketika Mengonsumsi Obat

Terkadang, Anda mengonsumsi obat-obatan dengan minuman lain. Hal itu mengurangi efek dari obat yang Anda konsumsi. Minuman seperti kopi maupun soda jelas tidak dianjurkan. Begitu pula dengan teh. Ini membuat tubuh mengurangi proses penyerapan obat-obatan.

Obat-obatan juga tidak boleh dikonsumsi dengan susu. Produk susu bisa membuat lemah efek obatnya. Jus jeruk juga tidak disarankan.

2. Mencampurnya dengan Makan yang Salah

Anda harus berhati-hati dengan makanan ketika mengonsumsi obat. Jenis obat tertentu tidak boleh diminum ketika makan.

Anda juga harus berhati-hati agar tidak mencampurnya dengan makanan yang kaya akan serat. Makanan sejenis ini bisa menghilangkan sebagian komponen dalam obat yang berguna bagi tubuh.

Selain itu, ketika mengonsumsi obat, Anda juga harus berhati-hati ketika melakukan diet.

3. Tidak Mengikuti Jadwal Konsumsi Obat

Anda harus mengikuti jadwal yang dianjurkan untuk konsumsi obat-obatan Anda. Terutama jika yang dikonsumsi adalah antibiotik.

Agar obat berguna bagi tubuh, penting untuk menjaga jumlah konsentrasi obat yang tepat dalam tubuh.

 

Mencampur Obat-obatan

4. Mencampur-Campur Obat

Jika Anda diberikan resep berbagai obat secara bersamaan, berikan jeda untuk mengonsumsinya. Paling tidak, berikan jeda setengah jam untuk setiap konsumsi obat.

5. Jangan Berhenti di Tengah Jalan

Jika memang Anda merasa sudah sembuh, namun obat masih tersisa, lakukan pengobatan sampai selesai. Ini bisa mencegah Anda untuk kembali terkena penyakit yang sama.

6. Konsumsi Obat-Obatan Alternatif

Yang paling baik dilakukan ketika Anda butuh obat-obatan adalah dengan pergi ke dokter. Anjuran dari dokter adalah langkah terbaik untuk mengonsumsi obat-obatan. Beberapa obat-obatan alternatif terkadang tidak bekerja untuk tubuh.

Jika Anda mendapatkan resep dari dokter, pastikan obat itu dikonsumsi dan tidak digantikan dengan obat-obatan alternatif.

 

 

Penulis: Giovani Dio Prasasti

Sumber: Liputan6.com

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading