Sukses

Lifestyle

5 Fakta Katsuko Saruhashi yang Harus Kamu Tahu

Fimela.com, Jakarta Katsuko Saruhashi, menjadi salah satu orang yang paling banyak dicari di internet. Meski namanya terdengar asing, namun sosoknya tak biasa dan begitu menginspirasi banyak wanita.

Berikut ini adalah lima fakta tentang Katsuko Saruhashi yang harus kamu tahu, dilansir dari berbagai sumber.

1. Katsuko Saruhashi Terinspirasi Hujan. 

iapa sangka jika rasa penasarannya terhadap proses terjadinya hujan membuat Katsuko Saruhashi menjadi seorang ahli geokimia? Ya, saat duduk di sekolah dasar ia penasaran dengan tetesan air hujan yang turun, perjalanannya mencari jawaban itu pun membuatnya menjadi wanita pertama yang mendapatkan gelar doktor dalam kimia dari Universitas Tokyo pada tahun 1957.

2. Dia Mengembangkan Teknik untuk Melacak Jatuh Radioaktif di Lautan

Google menyebut jika wanita kelahiran 22 Maret 1920 ini adalah seorang geokimiawan inovatif, yang mana ia adalah orang pertama yang secara akurat mengukur konsentrasi asam karbonat dalam air berdasarkan suhu, Tingkat pH, dan klorinitas.

3. Ilmuan Wanita Jepang Pertama yang duduki jabatan tinggi

Katsuko Saruhashi terpilih sebagai anggota Dewan Sains Jepang pada tahun 1980, dan wanita pertama yang dihormati dengan Hadiah Miyake untuk geokimia pada tahun 1985.

4. Mendukung Ilmuan Wanita

"Ada banyak wanita yang memiliki kemampuan untuk menjadi ilmuwan hebat. Saya ingin melihat hari ketika wanita dapat berkontribusi pada sains dan teknologi yang setara dengan pria," kata Katsuko Saruhashi.

5. Meninggal karena Pneumonia

Katsuko Saruhashi meninggal pada tahun 2007, tepatnya saat berusia 87 tahun karena menderita pneumonia.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading