Sukses

Lifestyle

Jadi Jomblo di Tengah Teman-teman yang Sudah Menikah? Siapa Takut!

Bintang.com, Jakarta Menjadi jomblo di antara teman-teman yang sudah menikah akan membuatmu terlihat sangat berbeda. Tekanan dari luar pasti akan sangat besar. Entah mereka menanyakan kapan kamu menikah, atau meledek kamu karena masih saja menjomblo.

Hal ini pasti bikin baper, tapi jangan sampai keterusan! Kamu harus tahu bagaimana caranya agar tidak galau jadi jomblo di saat semua temanmu sudah menikah dan punya anak, dan banyak tuntutan datang dari mana saja agar kamu segera menikah.

1. Fokus dengan apa yang kamu lakukan saat ini. Ketahui apa yang penting untuk dilakukan saat ini jika kamu memang sedang tak punya jalan apa pun untuk bisa segera menikah. Berhenti mengkhawatirkan apa yang menjadi rahasia Tuhan. Jika kamu ingin meningkatkan karir, sekolah lebih tinggi, atau jalan-jalan ke mana pun kamu inginkan, maka lakukanlah. Penuhi harimu dengan kegiatan bermanfaat sehingga pikiranmu tidak terbebani.

2. Buat diary atau blog pribadi. Ungkapkan curahan hatimu di atas kertas atau tuliskan di blog. Karena mengungkapkan beban pikiran bisa membuatmu lega sekaligus lebih tenang. Cara ini mampu mengurangi kekhawatiran terhadap tekanan segera menikah.

3. Apa yang kamu lihat tidak selalu sebaik yang kamu pikirkan. Mungkin kamu melihat kehidupan rumah tangga teman-temanmu di Instagram tampak selalu bahagia, seringkali apa yang kamu lihat tidak seindah kenyataannya. Ingat, bahwa membangun rumah tangga pun tak mudah. Banyak pula yang menikah muda memutuskan cerai setelah 1-2 tahun.

Kalau perbandingannya seperti itu, percayalah, jadi jomblo lebih nikmat.

Tidak Apa-apa Jomblo, yang Penting Bahagia

4. Memperbaiki diri dan fokus dengan masa depan. Jika memang belum bertemu jodoh, maka yang patut kamu jadikan prioritas selain dirimu sendiri adalah orangtua. Sudahkah membahagiakan orangtua selama ini? Jika belum, maka lakukanlah apa yang bisa membuat ibu dan ayahmu tersenyum. Kecuali jika apa yang membuat mereka bahagia adalah bisa melihatmu segera menikah, mungkin kamu bisa memikirkan hal lain.

5. Lakukan lebih banyak hal baik. Karena tujuanmu berada di dunia ini bukan hanya untuk menikah, kamu diciptakan untuk bisa bermanfaat bagi orang lain dan lingkungan sekitarmu, maka lakukanlah lebih banyak hal baik. Ikut kegiatan amal, ikut komunitas pecinta alam, menjadi sukarelawan bencana alam atau yang lainnya, yang membuatmu merasa lebih berharga dan punya nilai sebagai manusia.

Berada di posisi seperti itu tentu tak mudah. Tapi kalau kamu terus membiarkan dirimu larut dalam perkataan orang-orang, kamu akan jadi seperti yang mereka bilang. Sebaliknya, jangan biarkan mereka mendikte kamu atas kebahagiaan dan pilihan hidupmu sendiri. Tak masalah jomblo selama kamu bahagia. Bukan begitu?

 

Sumber: vemale.com

Penulis: Febi Anindyakirana

Loading
Artikel Selanjutnya
Jangan Galau, Ini 10 Alasan Kenapa Jadi Jomblo Itu Menyenangkan
Artikel Selanjutnya
Kunci Jadi Jomblo Bahagia, Pastikan Mencintai Diri Sendiri Dulu