Sukses

Lifestyle

Di Halaman Rumah Sakit, Ibu Ini Menangis Sambil Memeluk Anaknya, Ternyata Begini Ceritanya

Fimela.com, Jakarta Sebuah foto yang memperlihatkan seorang ibu menangis sambil memeluk anak laki-lakinya di halaman rumah sakit ternyata langsung viral dan membuat banyak orang terharu melihat foto-foto tersebut. Ternyata ibu tersebut menangis lantaran ia terpaksa harus keluar dari rumah sakit lantaran tak bisa membayar perawatan anaknya.

Sebenarnya adegan yang terlihat dalam foto yang diambil di luar Shanghai’s Children Hospital (Rumah Sakit Anak Shanghai) tersebut terjadi pada bulan Desember, tahun lalu. Tetapi ternyata belum lama ini foto tersebut kembali viral di platform media sosial Tiongkok.

Foto tersebut pun langsung dihujani ribuan komentar dan kembali memunculkan sebuah diskusi tentang realitas kesehatan yang cukup sulit di China. Dilansir dari Nexshark.com, Jumat (30/3/2018), ibu yang ada dalam foto tersebut bernama Guo Yinzhen, 45 tahun. Ia telah menjadi orangtua tunggal semenjak perceraiannya dengan sang suami beberapa tahun lalu.

Selama ini ia lah yang mengurus anaknya sendirian, Guo Zhenghan, tiga tahun, di sebuah desa di daerah Datian, provinsi Fujian. Sebelumnya Yinzhen adalah seorang buruh pabrik tetapi ia kehilangan pekerjaannya setelah melahirkan Zhenghan. Untuk kehidupannya sehari-hari, Yinzhen dan anaknya dibantu oleh sang ibu yang sehari-harinya bekerja memetik daun teh.

Seperti yang dilaporkan oleh Sina News, Zhenghan menderita hidrosefalus bawaan. Dia dibawa ke rumah sakit setelah tertular infeski. Sayangnya, biaya perawatan rumah sakitnya terus menggelembung dan sementara sang ibu tak mampu membayarnya sehingga ia pun terpaksa keluar dari rumah sakit lantaran tak bisa membayar biaya perawatan.

Perawatan Anak Membutuhkan Biaya Ratusan Juta Rupiah

Ternyata, Yinzhen membutuhkan sekitar 100.000 yuan (lebih dari $ 15.000 atau Rp 206.085.000) untuk perawatan lebih lanjut, tetapi keluarga sudah terbebani dengan utang sebesar $ 47.000 atau setara dengan Rp 645.874.000.

Secara keseluruhan, mereka telah menghabiskan setidaknya 400.000 yuan (lebih dari $ 60.000 atau Rp 824.520.000) untuk perawatan Zhenghan, termasuk tiga operasi dan perawatan sebelumnya.

Mendapatkan Bantuan dari Netizen

Di tengah kepusiangan untuk mencari biaya anaknya berobat ke rumah sakit, foto-foto viral Yinzhen yang menarik perhatian masyarakat pun ternyata membawa berkah tersendiri untuknya. Untungnya, foto mereka yang diambil pada 1 Desember segera viral, dan akhirnya pada 5 Desember mereka kembali ke Shanghai dengan bantuan Yayasan Xiaoxingxin.

Melalui bantuan yang didapatnya, Zhenghan dapat menjalani operasi lain yang diperlukan. Dalam berita terbarunya, yayasan yang memberikan sumbangan untuk kesembuhan Zhenghan mengatakan bahwa kini infeksi bocah tersebut telah hilang dan perkembangan otaknya terlihat bagus.

;
Loading