Sukses

Lifestyle

Diet Sesuai Siklus Menstruasi, Bikin Hormon Jadi Seimbang

Fimela.com, Jakarta Melakukan diet sebenarnya bukan cuma bertujuan untuk kurus saja. Banyak diet sehat lainnya yang memang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan. Misalnya, diet sayur-sayuran untuk mengeluarkan racun dalam tubuh lewat proses detoksifikasi. 

Malasah cewek bukan cuma lemak dan racun dalam tubuh. Tapi juga ada hormon yang kadang nggak seimbang, apa lagi saat siklus menstruasimu berubah. 

Hormon yang nggak seimbang, tulis Shape.com, bisa menimbulkan berbagai gangguan. Seperti polycystic ovarian syndrome (PCOS), PMS, dan endometriosis. 

Kamu nggak perlu khawatir. Soalnya, ada cara alami yang bisa mengembalikan keseimbangan hormonmu. Sehingga, kamu terhindari dari PMS, dan gangguan terkait siklus menstruasi lainnya. 

Terus, apa cara alami ini? Ternyata, menurut Shape.com, cewek-cewek di Amerika Serikat dan UK banyak yang melakukan diet berdasarkan siklus menstruasi mereka. Terus gimana cara melakukan diet ini?

Begini Cara Dietnya

Diet sesuai siklus menstruasi ini memang harus memerhatikan siklusmu. Jad, pada siklus pada hari 1-5, yaitu pada saat kamu mengalami menstruasi, kamu harus benar-benar mengontrol apa yang kamu makan. Karena, pada masa ini nafsu makan cenderung meningkat. 

Juga, kamu bisa mengonsumsi kayu manis. Kayu manis bisa mengurangi rasa sakit saat hari pertama haid. Tapi, kalau pada hari-hari berikutnya, pola makanmu berbeda. 

Hari ke-6-14, haid berhenti. Pada fase ini, tingkat estrogenmu akan naik sedikit. Nah, pada masa-masa ini, kamu harus makan makanan yang bersahabat dengan usus. 

Soalnya, tubuh memecah estrogen salah satunya di usus. Jadi, kamu harus makan makanan berfermentasi, makan juga kecambah, dan makanan berprotein rendah.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading