Sukses

Lifestyle

Jodoh Masih di Angan, Begini Cara Tanggulangi Stres Buat yang Masih Jomblo

Fimela.com, Jakarta Hidup melajang atau memiliki pacar adalah pilihan. Tapi kadang, rasa ingin untuk memiliki pria idaman di sampingmu belum juga kesampaian. 

Usia sudah semakin matang namun jodoh tak kunjung datang. Sementara teman sebaya sudah melepas masa lajang. Kondisi tersebut terkadang membuat perasaan wanita berkecamuk. Ujaran single dan bahagia rasa-rasanya jauh api dari panggang. Alih-alih bahagia, wanita justru merasa `ketinggalan`.

1. Jangan membandingkan

Terapist Jenny Taitz, Psy.D. dan instruktur klinis UCLA mengatakan, sudah sifat manusia jika mereka membandingkan kehidupannya dengan kehidupan orang lain, sayangnya hal ini tidak membuat kita bahagia. Apalagi di media sosial saat ini, ada ketertarikan untuk membandingkan dan mengikuti gaya hidup orang lain.

Padahal kalau bisa dipahami, setiap orang punya kehidupan yang berbeda. Tidak ada yang telat atau terlalu cepat, kamu hanya sedang menjalani waktu hidupmu sendiri. Kunci untuk tidak membandingkan kehidupan adalah dengan meningkatkan rasa percaya diri, memotivasi diri setiap hari dan menahan diri untuk membandingkan dengan hidup milik orang lain. 

2. Perluas Pergaulan

Agar hidup tidak hanya mengenal orang itu-itu saja, kamu perlu memperluas circle pertemanan, pergaulan sosial. Entah mengikuti komunitas baru, berkenalan dengan teman-teman dari temanmu. Bertemulah dengan orang-orang baru sehingga bisa memberikan kesempatan lain dalam hidup.

3. Bagaimana jika masih merasa 'tertinggal'?

Maka kamu perlu bersikap lebih baik terhadap diri sendiri. Jika kamu bisa bersikap baik pada orang lain, mengapa tidak pada diri sendiri?

Bahagialah dengan kehidupan yang kamu jalani sampai saat ini, selama kamu tidak menyakiti orang lain dalam kehidupanmu, tidak melakukan hal-hal buruk yang merugikan orang lain dan tetap bisa dibutuhkan orang-orang sekitar. Karena manusia paling baik adalah yang bisa bermanfaat dan berguna untuk orang lain, maka pertahankan apa yang sudah kamu lakukan selama ini.

Hal ini memang sering menjadi beban untuk para wanita, namun jangan jadikan kebiasaan membandingkan diri sebagai acuan. Karena jalan hidup setiap orang tidak sama, kecepatan seseorang dalam meraih sesuatu atau mengalami sesuatu pun tak bisa dipukul rata. Kamu berjalan di waktu hidupmu sendiri dan nikmatilah selagi bisa.

 

 

Sumber: Liputan6.com

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading