Sukses

Lifestyle

Dokter Terawan Lakukan Terapi Cuci Otak, Apa Itu?

Fimela.com, Jakarta Dokter Terawan kini sedang menjadi pusat perbincangan. Pasalnya, dokter bernama lengkap Terawan Agus Putranto tersebut menjalani praktik terapi cuci otak. Kepala RS Pusat Angkatan Darat (RSPAD Gatot Subrono ini melakukan terapi tersebut dalam upaya penyembuhan penyakit stroke. 

Namun sayang, praktik yang dia lakukan dianggap melanggar kode etik. Surat pelanggaran yang dibuat oleh Majelis Kehormatan Etik Kedokteran (MKEK) PB IDI tersebut pun sudah beredar sejak Selasa (3/4) kemarin. 

Belum banyak orang yang tahu soal terapi yang kontroversial ini. Namun, terapi 'cuci otak' ini sebenarnya merupakan metode diagnostik untuk melihat gangguan pada pembuluh darah di kepala dan leher. 

Metode ini disebut Digital Substraction Angiography (DSA). Sementara dalam ilmu neurologi (ilmu saraf), terapi ini dikenal sebagai cerebral angiography (CA).

Terapi ini, tulis Health Line, menggunakan X-ray untuk melihat cerebral angiogram yang membantu para dokter melihat apakah ada penyumbatan atau ketidaknormalan pada pembuluh darah di kepala dan leher. Meskipun sudah banyak para tokoh di Indoensia yang sudah menjalani terapi ini berhasil, namun terapi cuci otak yang dilakukan Dokter Terawan bukan untuk setiap pasien. Tapi, bagaimana cara kerja terapi ini?

Cuci Otak Sebenarnya Bukan Terapi

Meski metode ini disebut dengan terapi, namun sebenarnya cuci otak merupakan sebuah tes layaknya tes pada penyaki lain seperti pap smear, dan lain sebagainya. Terapi cuci otak, dilansir dari RadiologyIfo.org, merupakan tes untuk melihat apakah ada ketidaknormalan pada pembuluh darah di leher dan otak. 

Menggunakan sinar-x dan iodine yang mengandung contrast material untuk membantu dokter melihat gambaran pembuluh darah. Prosedurnya, dokter akan memasukan kateter ke dalam pembuluh darah arteri di kaki atau lengan. Menggunakan x-ray guidance, kateter tersebut akan dinavigasikan ke bagian yang sedang mereka periksa. 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading