Sukses

Lifestyle

Waspada, Penyakit Langka Ini Punya Gejala Mirip Flu

Fimela.com, Jakarta Meriang, panas atau demam, juga bersin-bersin merupakan beberapa gejala dari flu. Tapi, gejala ini ternyata juga timbul pada penderita sebuah penyakit langka. Namanya Wegener Granulomatosis. Penyakit ini, dilansir dari Liputan6, merupakan penyakit berbahaya dan mematikan. 

Penyakit ini sebenarnya adalah inflamasi yang mengincar pembuluh darah arteri, vena, dan kapiler dari ginjal dan sistem pernapasan. Tandanya, ada pembenutkan antibodi terhadap pembuluh darah yang lebih kecil dalam tubuh. Akibatnya, penyakit ini bakal memengaruh berbagai organ tubuh yang berbeda, misalnya, teliga, persendian, ginjal, paru-paru, dan kulit. 

 

Penyakit ini sebenarnya merupakan sebuah kondisi di mana pembuluh darah meradang dan memotong suplai darah ke organ-organ vital. Sehingga, organ akan kehilangan fungsinya. 

Karena ini penyakit langka, belum banyak orang yang mengetahui seluk-beluk penyakit ini. Termasuk penyebabnya. Namun, beberapa studi menunjukkan, ada beberapa kemungkinan yang jadi penyebab. 

Salah satunya sel sistem kekebalan tubuh yang menyerang sel pembuluh darah. Namun, hasil peneltian ini belum bisa dipastikan. 

 

Gejala yang Bedakan dengan Flu Biasa

Meskipun gejalanya mirip dengan flu biasa, tetap ada perbedaan pada gejala Wegener Granulomatosis. Seperti antara lain, lelah, penurunan berat badan tanpa sebab, demam, sesak napas, batuk, nyeri pada otot, dan juga pilek.

Karena gejalanya sangat umum, penyakit ini sulit terdiagnosis. Bahkan, pada awal-awal, gejalanya sangat umum dan sama sekali tak ada gejala yang jadi pembeda dari flu biasa. 

 

;
Loading