Sukses

Lifestyle

Minum Kopi Bisa Cegah Kanker Usus?

Fimela.com, Jakarta Setelah kabar kopi bisa menimbulkan kanker, kini muncul kabar baru yang bisa membuat para pecinta kopi gembira. Kabarnya, kopi justru bisa mencegah kanker usus. Hal ini disampaikan ilmuwan dari UT Southwestern Medical Center's Simmons Cancer Center mengungkapkan kebiasaan minum kopi dapat mencegah kanker usus besar.

Dilansir dari Natural News, Kamis (12/4/2018), penelitian dari para ilmuwan Israel ini dilakukan dengan melibatkan 8.500 orang yang terdiri dari 5.000 penderita kanker usus besar dan 3.500 orang yang tidak mengalami kanker. Hasilnya, mereka yang minum kopi memiliki risiko 30 persen lebih rendah terkena kanker usus besar.

Penelitian ini juga membuktikan, makin banyak kopi yang dikonsumsi, makin rendah pula kemungkinan terkena kanker usus besar. Mereka yang minum satu hingga dua cangkir kopi per hari memiliki risiko terkena kanker 22 persen lebih rendah. Adapun, mereka yang mengonsumsi lebih dari dua setengah cangkir kopi memiliki risiko 59 persen lebih rendah terkena kanker usus besar.

Berdasarkan penelitian ini, para ahli berpendapat, dalam kondisi normal, kopi akan cepat melintasi usus besar. Hal ini menyebabkan karsinogen potensial (zat yang memicu kanker) yang terdapat pada kopi tidak diserap tubuh. Selain itu, senyawa pada kopi pun dipercaya memiliki sifat pencegah kanker.

Tidak hanya kanker usus besar, kopi dipercaya dapat mengurangi risiko kanker prostat, kulit, hati, dan payudara. Selain kanker, minum kopi dapat menurunkan risiko terkena asam urat, batu empedu, sirosis, dan diabetes tipe-2.

Kopi pun dapat melawan jenis kanker lainnya

Di California, Amerika Serikat, penjualan kopi harus disertai dengan label peringatan kanker. Hal ini karena mereka menganggap biji kopi yang dipanggang mengandung produk sampingan, yakni akrilamida yang mungkin bersifat karsinogen.

Namun demikian, peneliti dari Simmons Cancer Center tetap optimistis dengan studi yang mereka lakukan mengenai kopi yang dapat menurunkan risiko kanker usus besar. Selain itu, di Amerika Serikat, konsumsi kopi mengalami peningkatan. Sebanyak 64 persen orang dewasa di Amerika Serikat mengonsumsi setidaknya secangkir kopi per hari.

 

 

Penulis: Aretyo Jevon Perdana

Sumber: Liputan6.com

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading