Sukses

Lifestyle

Diet Sukses: Dead Butt, Kondisi yang Banyak Cewek Abaikan

Fimela.com, Jakarta Setiap otot yang nggak dipakai memang bisa kehilangan fungsinya. Dalam kata lain, otot tersebut 'mati.' Kondisi ini berlaku pada semua jaringan otot pada tubuh manusia. 

Misalnya saja, seseorang yang lumpuh selama berbulan-bulan, pada saat siuman harus melakukan terapi fisik untuk mengaktifkan kembali otot-ototnya, terutama bagian kaki. 

Kalau nggak, pasien nggak akan bisa berjalan. Nah, otot yang 'mati' ini juga bisa terjadi pada bokongmu. Kondisi ini, tulis Twenty Two Words, disebut Dead Butt Syndrome. 

Sindrom ini terjadi ketika otot gluteal 'lupa' gimana caranya bekerja. Kata lainnya, otot bokongmu nggak bisa bekerja dengan baik karena nggak pernah dipakai. 

Terus, apa penyebabnya? Otot bokongmu itu jadi melemah karena kamu terlalu sering duduk. Kamu yang kerjanya kantoran dan duduk sepanjang hari, sepertinya harus berhati-hati. 

 

Gimana Cara Bikin Otot Gluteal Kembali Berfungsi?

Seperti otot lainnya, otot bokong yang 'mati' bisa dihidupkan kembali dengan diet. Pola makan yang sehat, akan membuat lemak di sekitar bokong berkurang. 

Tapi selain itu, olahraga jadi yang paling penting. Saat kamu ke gym, coba fokus pada gerakan yang menguatkan otot bokong. Seperti squat, lunges, dan lainnya. 

Selain itu, setiap 1 jam sekali saat bekerja, pastikan kamu bergerak dan berjalan-jalan di sekeliling kantor. Jangan biarkan otot bokongmu nggak terpakai dan jadi 'mati.' 

Loading