Sukses

Lifestyle

Lewat Tahun Ketiga, Hubungan Kalian Masuk Zona Aman Untuk Menikah!

Fimela.com, Jakarta Seberapa lama pacaran memang tak menjamin pasangan akan berjodoh dan menikah nantinya, namun berhasil mempertahankan hubungan demikian lama setidaknya jadi pembuktian bahwa pasangan tersebut berupaya memantaskan diri untuk melanjutkan hubungan sampai ke pernikahan.

Seberapa lama hubungan yang bisa dikatakan cukup 'matang' untuk lanjut ke pernikahan? Jawabannya adalah 3 tahun. Kenapa 3 tahun dikatakan usia hubungan yang cukup matang untuk menikah? Well, ada proses yang harus dilewati sebagai persiapan sebelum menjajaki kehidupan pernikahan.

Berhasil bertahan dalam satu hubungan dengan pasangan yang sama selama tiga tahun, sebetulnya pun tak ada seujung kuku dari pernikahan yang notabene adalah komitmen seumur hidup. Namun, waktu 3 tahun terbilang cukup bagi pasangan untuk belajar menghadapi lika-liku kehidupan dan hubungannya bersama.

Masa pacaran 3 tahun juga cukup untuk membuat fondasi yang matang bagi hubungan pernikahan ke depannya, karena...

Dua tahun pertama memang masa-masa penuh gejolak. Dari segi emosi saja kamu dan pasangan bakalan merasakan banyak sekali benturan. Tapi seiring kalian mencoba bertahan, sebetulnya kalian belajar untuk berkompromi, menyesuaikan diri dengan satu sama lain. Masuk tahun ketiga kalian sudah lebih tenang menghadapi satu sama lain. Tahu mana yang bikin satu sama lain marah, tahu apa yang sebaiknya tak dilakukan dan tahu apa yang dibutuhkan pasangannya. Aman lah, pokoknya untuk menikah!

Alasan Mengapa Lewat dari 3 Tahun, Hubungan Sudah Dipastikan Aman Untuk Menyongsong Pernikahan

Ibarat kepompong, setelah 3 tahun hubungan kalian sudah siap jadi kupu-kupu. Setelah banyak 'benturan' di dua tahun pertama, masuk tahun ketiga kalian mulai tenang. Pandai mengatur emosi sendiri dan juga saling menjaga emosi. Semakin jarang bertengkar, dan malah makin harmonis setelahnya!

Sampai tahun ketiga, kalian sudah kian lekat jadi bagian dari kehidupan satu sama lain. Tak sekadar kebahagiaan 'additional', di tahun ketiga kamu dan pasangan sudah benar-benar akan melebur dan jadi bagian dari satu sama lain. Kenyamanan yang ada ketika kalian bersama mulai tak tergantikan.

 

Banyak hal yang terjadi, bertahannya hubungan sampai tahun ketiga adalah tanda kalian belajar dan berjuang bersama. Sikap yang demikian adalah salah satu sikap penting dalam membangun rumah tangga. Makanya sampai kalian berhasil membuktikan bahwa kalian mampu bertahan selama 3 tahun, kalian dianggap sudah layak untuk lanjut ke pernikahan.

Bukan lagi fondasi, setelah tiga tahun kalian bisa mulai merancang 'bangunan' masa depan bersama. Kalau sudah bisa menciptakan kondisi yang stabil untuk dijalani saat ini, tentu saja rancangan masa depan satu persatu muncul di bayangan, kan? Tenang, kalian sudah layak, kok. Tinggal kesiapan dari aspek lainnya saja. :)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading