Sukses

Lifestyle

Jerawat Menumpuk Tanda Awal Diabetes?

Fimela.com, Jakarta Wanita menganggap jerawat merupakan hal yang menyebalkan. Apa lagi kalau tak kunjung sembuh dan hilang. Padahal, sudah diobati hingga harus ke dokter estetika. Kalau tak sembuh juga, cobalah peeriksa gula darah Anda. 

Menurut hasil penelitian yang diterbitkan JAMA Dermatology, jerawat pada orang dewasa muda bisa menjadi tanda awal intoleransi insulin, yakni kondisi pra diabetes.

Penelitian cross-sectional pada pria berusia 20 hingga 32 menemukan, pria dewasa lebih cenderung memiliki resistensi insulin dan kadar glukosa plasma puasa lebih tinggi daripada pria yang tidak memiliki masalah jerawat. Sel-sel dalam tubuh tidak dapat menggunakan insulin secara efisien untuk menyerap dan mengubah glukosa menjadi energi.

Dr Shardha Laxmi, dokter kulit senior menjelaskan, dalam kasus jerawat yang tak menunjukkan perubahan meski sudah diobati dicurigai karena masalah sensitivitas insulin.

Manajemen gaya hidup bisa menjadi cara mengendalikan jerawat bagi pria dan wanita. Selain itu, meningkatkan aktivitas fisik, mengendalikan berat badan atau obesitas di perut, diet serat tinggi dengan rendah gula serta makanan olahan bisa menunjukkan perubahan.

Jerawat Masalah Serius

Karena itu selain dari obat-obatan, modifikasi gaya hidup perlu dilakukan.

Studi ini juga menemukan tekanan darah lebih tinggi di antara responden yang berjerawat. Para pria juga memiliki kadar kolesterol dan trigliserida yang lebih tinggi yang mengindikasikan terjadinya penyakit gaya hidup.

"Dalam kasus jerawat, kami menemukan makanan yang digoreng, makanan olahan dan junk food beperan besae. Mengurangi makanan ini sangat membantu dalam mengendalikan masalah jerawat," kata Ahli Gizi Dr Madhursee seperti dilansir deccanchronicle.

 

 

Penulis: Melly Febrida

Sumber: Liputan6.com

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

  • Jerawat (acne) adalah gangguan pada kulit yang berhubungan dengan produksi minyak (sebum) berlebih.

    Jerawat

  • Diabetes (diabetes melitus) adalah suatu penyakit metabolik yang diakibatkan oleh meningkatnya kadar glukosa atau gula darah.

    Diabetes

  • Liputan6.com

What's On Fimela
Loading