Sukses

Lifestyle

Jangan Sia-siakan Malam Nisfu Sya'ban, Ini Pesan Rasul

Fimela.com, Jakarta Malam Nisfu Sya'ban menjadi salah satu momen yang dinantikan umat Islam. Di mana dalam tiga malam pertengahan Sya'ban, keberkahan tersebar di muka bumi.

Rasulullah Muhammad SAW sampai berpesan agar kita tidak melewatkan Nisfu Sya'ban. Rasulullah SAW menganjurkan umatnya melakukan amal sholeh demi meraih berkah yang terkandung di dalamnya.

"Ketika malam Nisfu Sya’ban tiba, maka beribadahlah di malam harinya dan puasalah di siang harinya. Sebab, sungguh (rahmat) Allah turun ke langit dunia saat tenggelamnya matahari. Kemudian Allah berfirman, " Ingatlah orang yang memohon ampunan kepadaKu maka Aku ampuni, ingatlah orang yang meminta rezeki kepada–Ku maka Aku beri rezeki, ingatlah orang yang meminta kesehatan kepada–Ku maka Aku beri kesehatan, ingatlah begini, ingatlah begini, sehingga fajar tiba."

Para sahabat juga selalu menghidupkan malam-malam Nisfu Sya'ban dengan sejumlah ibadah sunah dan amaliah sholeh. Dalam sebuah riwayat, Nauf Al Bikali berkata,

"Sungguh Ali pada malam Nisfu Sya'ban dia keluar (dari rumah) dan mengulanginya berkali-kali seraya melihat ke langit. Beliau berkata, 'Sungguh saat ini tidaklah seseorang berdoa kepada Allah melainkan akan Dia kabulkan, tidaklah seseorang memohon ampunan kepada-Nya pada malam ini melainkan Dia akan mengampuninya, selama ia bukan seorang 'asysyar (penarik pungutan liar), tukang sihir, tukang syair, tukang ramal, pengurus pemerintahan suatu daerah, tentara pilihan penguasa, penarik zakat, pemukul genderang dan tambur'."

Sedangkan Sa'id bin Manshur dalam kitab Sunan menjelaskan demikian.

"Tiada malam setelah Lailah Al Qadr yang lebih utama dari pada malam Nisfu Sya'ban Pada malam ini rahmat Allah turun ke langit dunia, kemudian Dia memberi ampunan kepada para semua hamba-Nya kecuali orang musyrik, provokator atau pemutus silaturahim."

Yuk, manfaatkan momen malam Nisfu Syaban, jangan sampai kamu melewatkannya begitu saja ya.

 

Penulis : Ahmad Baiquni

Sumber: Dream.co.id

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading