Sukses

Lifestyle

Editor Says: Impian Jadi Alicia Keys yang Hidup Tanpa Harus Mikirin Makeup

Fimela.com, Jakarta Makeup atau berdandan, telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari diri seorang perempuan. Saking terikatnya, makeup bisa membuat seseorang merasa sempurna dan bahagia saat memakainya. Namun, hal berbeda justru diambil Alicia Keys, yang memutuskan untuk tampil tanpa makeup diberbagai kesempatan.

Ngomong-ngomong soal makeup, memang tak ada yang mengharuskan seorang perempuan untuk menggunakannya disetiap kesempatan. Namun tuntutan untuk bisa tampil segar dan 'enak dipandang' membuat perempuan 'diharuskan' menggunakan makeup, meski pun tampil tanpa makeup bukan berarti tak cantik lho ya.

Bicara soal makeup, sebagai perempuan normal saya pernah berpikir, kalau hal ini begitu merepotkan. Mulai dari mengorbankan waktu, tenaga, juga uang. Saya akui makeup memang membuat saya jadi lebih percaya diri, tapi kadang saya merasa lelah dan kesal, terlebih saat diburu waktu dan masih harus makeup.

Terkait hal tersebut, saya pun merasa iri pada diri Alicia Keys, yang bisa mengambil keputusan besar untuk tampil tanpa makeup diberbagai kesempatan, bahkan saat ia muncul di panggung besar!

Buat saya, keputusan Alicia Keys yang diambil pada bulan Mei tahun 2016 itu adalah hal yang patut diacungi jempol, karena memang tak mudah rasanya bagi seorang perempuan, terlebih seorang figur publik sepertinya bisa lepas dari makeup.

Korban Cuci Otak

Keputusan Alicia Keys untuk tampil tanpa makeup pun bukan tanpa alasan. Keys mengungkap jika dirinya sudah terlalu muak dengan barbagai pakem yang menyebut jika perempuan cantik harus memiliki tubuh kurus, seksi dengan penapilan sempurna.

Stereotip soal penilaian ukuran normal dan tidak normalnya tubuh perempuan, serta harus tampil terbuka jika ingin tampil seksi pun membuat Alicia Keys merasa frustasi, hingga membuatnya memutuskan untuk keluar dari aturan-aturan tersebut.

Well, meski tak lagi terkurung dalam aturan tersebut, toh nyatanya Alicia Keys bisa tetap tampil memukau dan cantik, khusunya meski tanpa makeup.

Menjadi Alicia Keys

Pilihan untuk tampil apa adanya dengan apa yang dimiliki sebenarnya sangat tidak dilarang, namun saya akui hal itu sangat sulit untuk dijalankan. Apalagi jika masih banyak yang memegang nilai 'cantiknya perempuan' seperti yang dikemukakan di atas.

Belajar dari Alicia Keys, keputusannya untuk menjadi diri sendiri tanpa harus mengkung-kung diri agaknya bisa dijadikan motivasi, jika sebenarnya setiap orang itu boleh menentukan dan menunjukkan kecantikan dirinya tanpa harus mengorbankan diri demi kepuasan orang lain.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading