Sukses

Lifestyle

Desainer Interior Bobos Rela Jadikan Rumahnya sebagai Tempat Eksperimen

Jakarta Pameran desain interior bertema hotel di The Colours of Indonesia akan ikut menampilkan karya desainer interior Bobos Rezawahyudi yang kali ini mendapatkan bagian merancang business center. Ia berencana mengubah ruangan ini menjadi maskulin dengan memakai sentuhan sarung Bugis. FYI, ia dan 11 desainer interior yang tergabung dalam ID 12 tahun ini akan menggunakan bahan khas Indonesia untuk menonjolkan keunikan nusantara di setiap mock up ruangan yang dipamerkan.

Jika ruangan business center pada umumnya tertutup dan sepi, kali ini Bobos akan mengubah citra tersebut dengan rancangan interior yang lebih terbuka melalui dinding-dinding kaca. Maka dari itu, ia lebih banyak menggunakan unsur besi dan kaca untuk melengkapi pemakaian bahan sarung Bugis berwarna yang dipilihnya. Bayangkan rumah kaca.

Menariknya, Bobos tak masalah menjadikan rumah pribadinya sebagai bahan eksplorasi sebelum menampilkan karyanya di pameran. Apapun material yang diberikan padanya untuk diolah, ia tak segan-segan mengaplikasikannya terlebih dahulu di rumahnya agar orang lain mendapatkan pengalaman baru ketika ia menawarkan desainnya.

“Rumah saya sudah seperti lab. Saya bersedia rumah saya diganti-ganti kapan saja sesuai dengan material yang ditawarkan kepada saya,” jelas Bobos. “Saya kebiasaan mengulik bahan yang ada dan mengubahnya sesuai dengan kreativitas saya.” Ini cara Bobos yang memang sangat personal. Agar ia pun memiliki kepercayaan untuk material yang akan ia gunakan di setiap project.

Dengan menampilkan karyanya ini, Bobos berharap orang dapat melihat keindahan suatu material dari sudut pandang yang berbeda. Seperti, marmer. Baginya, marmer dapat dipotong kecil-kecil untuk menciptakan motif yang cantik. Bahan lain seperti besi pun ia siasati agar tidak meninggalkan sisa yang mungkin akan terbuang sia-sia.

Penggemar desain interior yang penasaran dengan rancangan Bobos yang eksperimental dapat melihat karyanya secara mendetail di pameran The Colours of Indonesia yang digelar di Atrium mall Senayan City, 15-24 September 2016.