Sukses

Lifestyle

Inspirasi Songket untuk Desain Butik Premium di Pameran The Colours of Indonesia

Jakarta Ketertarikan personal terhadap kain songket membuat Sammy ingin mengangkatnya ke dalam desain interior yang akan dipamerkannya di pameran kedua The Colours of Indonesia bersama sebelas desainer interior lainnya yang tergabung dalam kelompok ID 12. Hotel dengan kekhasan Indonesia merupakan tema desain yang akan diolah oleh ID 12 tahun ini. Di sini, Sammy mendapat bagian mendesain fasilitas publik hotel, yakni butik.

“Saya senang sekali dengan kain songket yang merupakan karya besar bangsa ini. Jadi saya membuat sebuah butik atau toko yang menjual kain songket. Butik ini saya kasih nama The Songket, yakni butik dari kain songket yang menjual kain songket,” ungkap desainer interior bernama lengkap Hendramianto Syamsulhadi ini.

Jenis kain tenun tradisional ini umumnya memiliki motif dasar berupa wajik dengan dominasi warna emas dan perak. Sammy akan menggunakan lebih banyak warna emas ini untuk mendesain butik The Songket. Ia memilih warna emas lembut yang cenderung menyerupai warna champagne.

Tidak mutlak berpatok pada unsur etnik, Sammy lebih memilih gaya desain kontemporer. Tantangannya adalah bagaimana agar kain tradisional ini terlihat mahal dari segi penampilan. Karena secara historis kain songket dipakai untuk acara pernikahan, yang artinya dipakai untuk acara spesial sehingga kain ini memiliki posisi yang sangat tinggi. Dan untuk menghargainya, Sammy tak mau songket digunakan sembarangan. Untuk melengkapi desain bermaterial kain songket, Sammy menggunakan lantai berbahan onyx yang kualitasnya lebih tinggi dibanding marmer.

Kali ini Sammy akan dibantu oleh beberapa pihak yang berkompeten terhadap produksi kain songket. Display kain songket berupa koleksi fashion akan dibantu oleh desainer fashion Chossy Latu. Tenun Gaya by Wignyo juga ikut andil dalam menghadirkan produk-produk kain songket. Tidak ketinggalan pula Yayasan Cita Tenun Indonesia turut berkontribusi memamerkan koleksi karya mereka.

Mock up desain interior butik kain songket Sammy dapat disaksikan langsung di pameran ID 12 The Colours of Indonesia yang digelar di Atrium mall Senayan City tanggal 15-24 September 2016. Pastinya akan memberikan inspirasi bagi penggemar desain interior dan pemilik butik untuk mendesain butik atau bahkan rumahnya.