Sukses

Lifestyle

Sejauh Mata Memandang Hadirkan Motif Batik Semanggi yang Inspiratif

Jakarta Sejauh Mata Memandang merilis koleksi terbarunya yang menjadikan Jembatan Semanggi sebagai inspirasi utama motif Batik tulis yang cukup nostaljik. Sebagai creative director brand tersebut, Chitra Subiyakto mengambil motif ini karena nilai simbolik yang dihadirkan salah satu landmark juga ikon terkenal di Ibu kota itu.

“Jembatan Semanggi mempersatukan semua wilayah di Jakarta,” papar Chitra. Tema persatuan memiliki momentum khusus saat ini. Terlebih di tengah dinamika pemilihan kepala daerah DKI Jakarta yang berpotensi memecah warga menjadi kubu-kubu tertentu. Sehingga peluncuran koleksi ini pun tidak bisa lebih tepat lagi.

Ibu Veronica Tjahaya Purnama, selaku Ketua Dekranasda DKI Jakarta yang hadir saat peluncuran koleksi ini kemarin di Jakarta Creative Hub, Jakarta Pusat, menegaskan bahwa kolaborasi dengan Ibu-Ibu dari beberapa rumah susun di Jakarta tersebut selain meneruskan keterampilan membatik yang cukup langka, juga melatih kelompok-kelompok tersebut agar memiliki jiwa wira usaha. Dengan kolaborasi bersama Sejauh Mata Memandang kali ini, keterampilan membatik tentu diharapkan mampu membawa kontribusi bagi pendapatan keluarga mereka.

 

A post shared by fimeladotcom (@fimeladotcom) on

Menampilkan ilustrasi daun semanggi berhelai empat serta garis marka jalan di Jakarta, motif baru ini diaplikasikan oleh para ibu rumah tangga dari Rusun Marunda, Jakarta Utara, di atas kain katun melalui teknik batik tulis. Batik yang dihasilkan memiliki warna beragam seperti hijau, merah, kuning, dan biru tua, serta akan dipasarkan dalam berbagai bentuk produk, mulai dari kain, scarves (syal), hingga multi-functional cloths.

Di samping itu, Sejauh Mata Memandang juga meluncurkan beragam bantal dekorasi yang dihiasi hasil sulaman tangan ataupun kain batik bermotif Semanggi, ditambah aksen pom pom warna-warni khas Betawi. Bantal-bantal ini dibuat dengan tangan oleh ibu-ibu rumah tangga dari Rusun Pesakih, Jakarta Barat, dan Rusun Pulo Gebang, Jakarta Timur.

Setiap produk yang menjadi bagian koleksi ini merupakan hasil tangan para ibu rumah tangga di rusun-rusun Jakarta, yang telah menjalani pelatihan selama 6 bulan di bawah asuhan Dekranasda DKI Jakarta untuk menjadi pengrajin batik dan sulam yang terampil. Sejalan dengan salah satu misi Sejauh Mata Memandang untuk memberdayakan perempuan Indonesia, khususnya para ibu, yang diwakili dengan tagar media sosial, #SejauhSupportsLocalMoms.

 

A post shared by fimeladotcom (@fimeladotcom) on

 

Peluncurkan koleksi ini juga dilengkapi pameran instalasi yang merupakan kolaborasi dengan Felix Tjahyadi selaku Exhibition Designer dan Agra Satria selaku Exhibition Graphic Artist. Sebagai persembahan utama acara ‘Jakarta Kita’ yang melambangkan rasa cinta bersama terhadap kota Jakarta, pameran yang ikut dihadiri Pak Basuki Tjahaya Purnama (Ahok) kemarin ini terbuka untuk umum di Jakarta Creative Hub, Gedung Graha Niaga Thamrin, Jakarta Pusat hingga 13 Mei 2017.