Sukses

Lifestyle

Unik, Anak Perempuan Ini Diberi Nama Assalamu'alaikum

Fimela.com, Jakarta Nama yang diberikan orang tua kepada anak kerap kali dianggap sebagai doa. Bicara soal memberikan nama anak, dewasa ini para orang tua pun semakin kreatif menamai buah hatinya, salah satunya dengan menamai anaknya dengan Assalamu'alaiku.

Banyak literasi mereka gunakan sebelum akhirnya memutuskan nama yang dianggap cocok. Mulai dari kitab suci, bahasa daerah, hingga bahasa di dunia. Tak heran, ada seorang anak yang namanya adalah perpaduan tiga-empat bahasa.

Pun demikian dengan pasangan Buchori Ali Marsono dan Rina Riawati. Ketiga anak warga Desa Purwomartani Kecamatan Kalasan, Sleman, ini memilik nama unik. Al Fatikha Poetry Cahaya Mentariku (13), Assalamu'alaikum Poetry Cantikku (11), dan Rhazes Bismillah Lakilakiku (8).

"Dalam Islam, Al Fatihah artinya pembuka. Karena ini anak pertama, jadi kami beri nama itu. Harapannya itu bisa sebagai pembuka semua kebaikan, termasuk rezeki, bagi dirinya sendiri dan keluarga," kata Rina di rumahnya, Selasa, 1 Mei 2018.

Kepada KRJogaja.com, Rina mengungkapkan, sama dengan anak pertama, saat mendapatkan anak kedua, mereka juga menyelipkan jutaan doa pada nama unik itu. Karena Assalamualaikum sendiri juga memiliki arti doa. Sedangkan, Rhazes diambil dari nama ilmuwan kedokteran Islam, Al Razi.

"Tapi di Eropa lebih dikenal dengan Rhazes. Kami memilih mengambil nama itu," ujarnya.

Bukan Asal-asalan

Rina membantah kalau dia dan suami suami asal-asalan dalam memberikan nama unik kepada anaknya. Pasalnya, setiap kata dari nama ketiga anaknya tersebut, terselip banyak doa dan harapan.

Toh, suaminya juga menggunakan nama Indonesia di belakangnya. Dengan harapan ketika ketiganya mau ke luar negeri, tidak ada kendala karena nama yang digunakan adalah nama belakang.

Ada kisah lucu ketika Asa memperkenalkan diri kepada orang. Secara spontan, orang akan menjawab "Wa'alaikumsalam". Karena mereka mengira "Assalamu'alaikum" itu bukan nama, tetapi ucapan salam pada umumnya. Namun, setelah dijelaskan, sebagian komentar yang didapat menyatakan bahwa nama tersebut unik.

 

Sumber: Liputan6.com

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading