Sukses

Lifestyle

Bahaya, Jangan Pakai Ini Usai Berhubungan Seks

Fimela.com, Jakarta Banyak pasangan yang abai menganai hal yang boleh dan tidak bolah pada saat bercinta. Tapi, tak banyak orang yang juga tahu soal 'aturan' usai berhubungan badan. Banyak perempuan yang langsung mengenakan celana dalam usai bercinta dengan suami. Padahal, hal ini tidak boleh dilakukan.  

Tujuan tidak memakai celana dalam sesudah berhubungan seks bukan agar lanjut ke ronde kedua lebih mudah. Tapi lebih ke alasan ilmiah.

Melansir Health, Selasa (1/5/2018), Sara Twogood, MD, asisten profesor kebidanan dan kandungan di University of Southern California's Keck School of Medicine, berbagi hal-hal yang harus Anda lakukan sebelum tidur, setelah berhubungan seks:

1. Ke toilet

Walaupun kandung kemih Anda tidak penuh, tetaplah buang air kecil. Aliran urin akan membantu mengeluarkan bakteri dari uretra, saluran pendek yang mengeluarkan urin dari tubuh, ujar Dr. Twogood.

Infeksi saluran kemih terjadi ketika bakteri yang ada di vagina terdorong masuk ke dalam uretra saat aktivitas seksual.

2. Keringkan vagina

Seks memang seharusnya basah dan berantakan. Semua cairan yang keluar akan membuat vagina Anda lembap.

Namun, pastikan Anda membasuh area kewanitaan ini, lalu keringkan sampai benar-benar kering menggunakan handuk atau tisu. Bakteri dan jamur senang berada di kondisi lembap, dan tidak mengeringkan vagina secara tuntas akan menimbulkan risiko infeksi jamur, jelas Dr. Twogood.

Pastikan Anda tidak menggunakan sabun berpewangi. Jika tidak ada sabun khusus vagina, pilihlah sabun bayi. Atau, cukup membasuh vagina dengan air saja sesudah berhubungan seks.

3. Tanpa celana dalam

Jika Anda tidak ingin tidur telanjang, gunakan baju tidur atau celana piyama yang longgar. Hindari menggunakan celana dalam, apalagi yang ketat, sampai pagi. Hal ini bisa memicu infeksi.

"Jangan kenakan celana dalam" Dr. Twogood memperingatkan. Bebas dari celana dalam membantu membebaskan vagina dan membuatnya bisa bernapas. Hal ini akan menurunkan risiko infeksi jamur dan kondisi gatal lainnya.

Perhatikan vagina

Jika vagina Anda terasa aneh, perhatikan dengan seksama. Tidak perlu menggunakan senter, dan memeriksanya sendiri. Namun, dengarkan kondisi tubuh setelah berhubungan seks.

Perhatikan apakah ada rasa tidak nyaman, gatal, nyeri, atau berdarah. Jika hal ini terjadi, segera kontak dokter kandungan Anda untuk mencari tahu apa yang terjadi.

 

 

Penulis: Nilam Suri

Sumber: Liputan6.com

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading