Sukses

Lifestyle

Editor Says: Sebentar Lagi Ramadan 2018, Saatnya Merencanakan Buka Puasa Bersama yang Selalu Gagal

Bintang.com, Jakarta “Buka puasa bersama yuk?” Kalimat itulah yang akan kamu sering lihat dan sering dengar ketika mendekati atau bahkan saat Ramadan. Yup, Ramadan 2018 sudah di depan mata, maka bersiaplah grup BBM/WhatsApp/Line kamu ramai dengan ajakan untuk buka puasa bersama, meskipun ending-nya tak jarang tetap sama.

Buka puasa bersama sepertinya telah menjadi sebuah tradisi yang dilakukan setiap tahunnya. Hal yang paling menyenangkan saat buka puasa bersama, selain soal makanan dan minumannya adalah kebersamaannya. Inilah waktu yang tepat untuk ngumpul bareng teman-teman yang nggak setiap hari bisa ketemu.

Meskipun menjadi ajang tahunan yang ditunggu-tunggu, tapi tak jarang, acara buka puasa bersama pun harus menimbulkan kecewa. Saat puasa hari pertama, yang akan dibahas di grup adalah ajakan untuk buka puasa bersama. Jawaban orang-orang yang di grup tentu saja antusias banget, sampai-sampai baru ditinggal lima menit, itu group chat sudah berisi ratusan perbincangan.

Dan dari perbincangan tersebut kamu pasti tidak menemukan kejelasan soal kapan ingin berbuka puasa dan di mana. Seminggu puasa, obrolan soal buka puasa pun kembali muncul, lagi-lagi jawabannya pun nggak jelas. Tapi karena dari tahun ke tahun itu selalu terjadi, jadi kamu juga nggak terlalu terkejut. Yaaaa, sudah biasaaaa.

Sampai akhirnya Lebaran kamu juga belum buka puasa bareng sahabat-sahabat tercinta yang kini sudah menjalani kehidupan masing-masing—memang selama ini hidup bareng? Hahaha, namanya juga sudah kerja dan sudah dewasa. Kata orang saat dewasa, seseorang akan memiliki prioritas yang berbeda dan sekarang mungkin prioritasnya bukan lagi kumpul-kumpul, tapi fokus cari uang.

2 dari 2 halaman

Citra Kirana Lebih Tertarik Bermain Sinetron untuk Ramadan

Nggak jadi buka puasa bersama bareng nggak apa-apa, tapi yang harus diingat adalah hubungan kamu bukannya jadi berakhir hanya karena nggak buka puasa bersama lho. Semakin dewasa, kita memang memiliki prioritas yang berbeda, tapi harus diingat kalau mau tua ataupun muda pastinya kita butuh sama yang namanya teman.

Meskipun nggak selalu kumpul setiap hari seperti saat sekolah atau kuliah, tapi kamu harus tahu kalau si dia tetap ada buat kamu, dan begitupun sebaliknya. Makanya pastikan kalau sebelum puasa nanti kamu meminta maaf ke dia. Nggak punya salah? Hmmm, kesalahan itu bisa disengaja atau pun nggak.

Kali aja tanpa sengaja ucapan kamu telah menyakiti perasaanya. Meminta maaf itu bukanlah sebuah hal yang menyakitkan  nggadan juga tidak menyakitkan bagi orang lain. Sekali lagi, meskipun jarang bersama, tapi bukan berarti kamu nggak bisa menyapanya dengan berkirim pesan atau media lainnya.

Loading
Artikel Selanjutnya
Editor Says: Ketika Sahabat Indie dan Anak Mainstream Bersua
Artikel Selanjutnya
Editor Says: Kenapa Saya Berharap Banyak pada Buffalo Boys?