Sukses

Lifestyle

Packing Right For Traveling

packing

  1. Periksa kopermu sebelum mulai packing untuk memastikan keadaanya masih baik dan nggak ada yang rusak.
  2. Haruskah membeli koper yang mahal? Biasanya yang mahal itu datang dengan kualitas. Nggak mau repot dong, dengan ritsleting yang mogok atau roda yang copot? Buy good quality luggage – it will be cheaper in the long run.
  3. Buat kopermu gampang dikenali dengan menambahkan sesuatu, seperti pita atau stiker yang berwarna terang. This not only makes it easier for you to spot them when they arrive on the carousel, tapi juga biar orang lain nggak salah ambil kopermu karena mirip.
  4. Dengan memberikan tanda yang jelas, akan lebih mudah jika hilang dan harus dilaporkan.
  5. Cek ulang limit bagasi-mu dan timbang barang-barang bawaan sebelum berangkat.
  6. Simpan kopi tanda pengenal dan itinerary di koper atau tas sehingga kalau hilang, bisa dengan gampang dicocokkan denganmu.
  7. Scan paspor, foto paspor dan tiket (jika bukan e-ticket), kemudian simpan di web based email account. Kamu juga bisa menyimpan detil nomor telepon emergency sehingga tahu nomor yang harus dihubungi saat kehilangan kartu kredit atau ATM, misalnya. Jadi kamu punya akses mudah dan langsung untuk semua informasi penting. Bahkan bisa mengirim detil paspor ke kedutaan atau konsulat saat diperlukan.
  8. Bagi-bagi penyimpanan kartu ATM, uang cash, travellers’ cheques dan kartu kredit di kantung, tas dan dompet yang berbeda saat packing.
  9. Gunakan botol plastik kecil untuk menyimpan sabun, pelembap dan peralatan mandi lainnya. Sehingga nggak usah membawa botol besar dan sesuai dengan peraturan penerbangan yang berlaku.
  10. Simpan beberapa kantung plastik, terutama untuk membungkus toiletries. Selain untuk jaga-jaga seandainya tas toiletries bocor, kantung plastik juga berguna untuk menyimpan pakaian kotor, tempat sampah bahkan dijadikan paying.
  11. Simpan setiap jenis barang di dalam tas plastik yang berbeda (lebih baik tipe zip lock), pisahkan setiap item, contohnya, pakaian dalam, t-shirts, celana pendek, sebelum dimasukkan ke dalam koper atau ransel. This is extremely useful in various ways. Saat membongkar tas, tinggal mengeluarkan beberapa tas dan bisa melihat apa yang kamu butuhkan. Kalau hanya menginap semalam dan besoknya harus berangkat ke kota berikut, artinya hanya mengeluarkan satu item dari satu tas – nggak perlu bongkar dan jadi berantakan! Tambahan lagi, kalau harus membongkar koper saat pemeriksaan di bandara, tinggal mengeluarkan beberapa tas, yang isinya bisa dilihat dengan mudah oleh petugas. Memasukkannya lagi juga jadi mudah.
  12. Hanya bawa apa yang kamu butuhkan dan kalau bepergian lebih dari tiga minggu, cuci secara berkala.
  13. Saat memasukkan barang ke backpack, tempatkan barang yang lebih ringan di bagian bawah dan yang lebih berat di atas. Ransel jadi lebih ringan saat disandang. Jangan lupa memasukkan barang-barang yang sering digunakan di sebelah atas. Pakaian kotor sebaiknya dimasukkan di paling bawah.
  14. Kalau pergi bersama rombongan atau partner dan menggunakan pesawat serta harus transit atau ganti pesawat di beberapa tempat, tempatkan atau bagi pakaian di koper/ransel/tas yang berbeda. Jadi kalau ada koper yang hilang atau nggak terbawa, kita tetap punya pakaian. Beberapa penerbangan nggak menganti kehilangan bagasi untuk 24-48 jam pertama, jadi sekaligus bisa menghemat. Dan kalian berdua bisa mengajukan klaim ke airline untuk mengganti item yang hilang, rather than being limited to only one claim from one person.
  15. Buat daftar barang yang dibawa, sehingga nggak ribet saat packing dan nggak ada yang terlupa. Bisa juga untuk diajukan saat klaim, kalau koper sampai hilang.
  16. Jika pantai tujuan liburannya, coba packing apapun yang kamu perlukan di pantai ke dalam satu tas pantai dan masukkan bersama tas ke dalam backpack atau koper. Especially if traveling with kids, this will prove a timesaver!
  17. Untuk yang menggunakan koper tanpa pemisah, gunakan karton tebal sebagai penggantinya. Ini membantu menyimpan pakaian dengan rapi, dan saat pemeriksaan pun lebih mudah karena kamu tinggal mengangkat pemisah.
  18. Kalau bepergian dengan bayi, diaper bag bisa jadi tempat yang baik untuk menyimpan barang berharga. This most likely will not be the first thing to be stolen. Bisa juga digunakan untuk dijadikan tempat sampah atau pakaian kotor (even when not travelling with a child!)
  19. Biar nggak mengotori isi tas, simpan sepatu di dalam kantung kain dan masukkan ke zip lock bag.
  20. Simpan obat-obatan dan dokumen penting di carry-on bag. Pada penerbangan yang panjang dengan beberapa transit, menyimpan baju ganti di tas kecil adalah ide yang bagus.
  21. Small carry-on sebaiknya berisi: toiletries secukupnya, obat-obatan pribadi, kopi pasport dan pas foto, underwear, buku atau majalah, telpon atau buku alamat, cemilan.
  22. Menyimpan baju dengan cara digulung akan menghemat banyak tempat dibanding dilipat. Dan menggulung dengan kertas tisu akan membuat pakaian tidak kusut.
  23. Jika bepergian ke tempat yang panas, bawa cooler kecil yang bisa digunakan untuk menyimpan toiletries. Saat tiba di tujuan, keluarkan toiletries, dan cooler bisa digunakan untuk membawa minuman dingin kemana-mana.
  24. Bawa pasta gigi yang tinggal setengah, simpan sabun dan shampoo di botol kecil, dan bawa tisu gulung, just in case.
  25. Tuliskan nama dan alamat di sebelah dalam baju-baju anak, sehingga jika sampai mereka hilang mereka bisa menunjukkan nomor telepon dan nama.
  26. Agar dress, blus dan blazer nggak kusut, gantung dan simpan di hanger dan plastik dari dry cleaner. Ikat bagian bawah plastik, sehingga sedikit menggembung. Letakkan di bagian atas, dan terlipat dua. Keluarkan secepatnya begitu sampai tujuan.
  27. Bawa tas besar yang bisa dilipat dan letakkan di dalam koper. Jadi kalau belanja banyak, bisa jadi tas tambahan. Atau masukkan koper yang sudah berisi barang-barang ke dalam koper yang lebih besar.
  28. Jangan lupa charger atau batere untuk semua alat elektronik yang kamu bawa. Pastikan plug charger cocok dengan negara tujuan.
  29. Travel guidebook merupakan barang berharga yang harus kamu miliki jika bepergian ke satu tempat untuk pertama kali. Cari yang lengkap dengan peta. Lonely Planet atau Fodor merupakan travel guidebook yang sangat berguna dan lengkap.
  30. Jika ke tempat yang panas, bawa topi untuk melindungi kepala dan leher dari matahari. Pilih yang gampang untuk disimpan atau dilipat.
  31. Celana jenis kargo dengan banyak kantung akan sangat berguna saat jalan-jalan.
;
Loading